Air Terjun Malonai Mutiara Terpendam di Padang Ganting

Air Terjun Malonai Mutiara Terpendam di Padang Ganting

- in KABA WISATA, PARIWISATA
2971
0
Air Terjun Malonai di Rimbo Balam Padang GantingMUTIARA TERPENDAM—Air terjun Malonai di Rimbo Balam Padang Ganting menyimpan “Mutiara Terpendam” yang selama ini belum banyak diketahui wisatawan.(Bakaba/Wirmas Darwis)

Batusangkar, Bakaba—Berkunjung ke Sumatera Barat bagi wisatawan boleh dikatakan bagaikan berkunjung ke “Surga Pariwisata”, karena memang Ranah Minang menyimpan sejuta pesona yang tak ada duanya di dunia. Rugi besar, jika ada wisatawan Mancanegara datang ke Indonesia dan tak sempat berkunjung ke Sumatera Barat, karena daerah ini memang kaya segala-galanya.

Wisatawan alam yang mempesona, seni budaya beeraneka ragam serta kuliner dengan rasa yang dapat memanjakan lidah, suatu bukti bahwa Sumatera Barat memang pantas untuk dikunjungi sepanjang masa.

Dari sejumlah wisata alam yang ada di Sumatera Barat,  air terjun Malonai di Rimbo Balam Padang Ganting menyimpan “Mutiara Terpendam” yang selama ini belum banyak diketahui wisatawan.

Tokoh masyarakat Padang Ganting Mayor Jendral (Purn) Amril Amir menyebutnya sebagai objek wisata punya daya tarik tersendiri dan sangat potensial untuk dikembangkan Pemkab Tanah Datar kedepan

“Air terjun Malonai ini katanya tujuh tingkat, tetapi saya baru melihat sampai pada dua tingkat,” kata Amril Amir usai mengunjungi objek wisata masa depan ini di Padang Ganting kecamatan Padang Ganting.

Air terjun Malonai memang merupakan gadis perawan yang belum banyak tersentuh tangan. Letaknya yang sedikit agak jauh dari pemukiman masyarakat, membuat objek wisata ini sedikit terabaikan. Untuk menuju ke lokasi harus ditempuh dengan jalan kaki, kalau nyali anda tidak kuat naik sepeda motor melalui jembatan gantung, menyebarangi Batang Selo.

Jarak antara jalan raya dengan objek wisata air terjun Malonai sekitar 2 KM, menyusuri jalan dengan lebar 1 meter, bahkan ada sekitar 200 meter dalam bentuk jalan setapak. Bagi pecinta olahraga “Hikking” menunjungi air terjun Malonai sangat cocok sekali, karena disamping menyehatkan tubuh juga dapat menyaksikan keindahan alam sekitar.

Hamparan sawah menguning dikiri kanan jalan menuju air terjun Malonai seakan-akan permadani emas yang menjanjikan kesejahteraan masyarakat Rajo Dani Padang Ganting. Apa lagi bukit Rimbo Balam yang masih terpelihara kelestariannya semakin melengkapi keindahan alam yang anda kunjungi.

Bila disimak dari air terjun Malonai, meskipun tidak terlalu tinggi hanya sekitar 30 meter, namun mencurahkan air yang cukup jernih dan dingin sekali. Bagi anda yang suka mandi air dingin, berdiri dibawah air terjun ini sangat memungkinkan sekali untuk mengusir gerah udara panas Padang Ganting.

Berwisata ke Padang Ganting ternyata tidak hanya sebatas menyaksikan air terjun Malonai semata. Tidak jauh dari persimpangan jalan munuju air terjun ini terdapat batu legenda yang disebut sebagai “Jajak Nabi”. Kemudian ada lagi objek tamasya “Kapalo Banda” yang juga menyimpan sejuta pesona, makam Tuan Kadhi Padang Ganting dan lain-lain

Bagi anda yang alergi mandi air dingin di air terjun Malonai, sebelum mengakhiri kunjungan di Padang Ganting dapat pula menikmati “Ayia Angek” di jorong Koto Gadang Hilir Padang Ganting. Objek Wisata Kesehatanan ini ramai dikunjungi setiap hari, baik dikalangan tua maupun kaum muda. Selamat menghabiskan waktu libur anda di Padang Ganting, semoga juga selamat kembali ke rumah.(WD)

print

Leave a Reply