Jambore Koperasi Pemuda Berakhir, SMAN 1 Gunung Talang Juara Umum

Jambore Koperasi Pemuda Berakhir, SMAN 1 Gunung Talang Juara Umum

- in Headline, Olah Raga
499
0
Batusangkar, bakaba–Duta koperasi pemuda  Sumbar Ahmad Vauza dan Afifah Aulia membacakan deklarasi Pagaruyung pada penutupan Jambore Koperasi  Pemuda se Sumbar, Sabtu 22/7 2017 bertempat di Buper Istano Basa Pagaruyung  Tanah Datar.
Pembacaan deklarasi tersebut disaksikan lansung oleh  Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Barat Zirma Yusri, unsure Muspida dan OPD sekabupaten Tanah Datar dan ratusan peserta Jambore Koperasi Pemuda se Sumatera Barat menjadi saksi pembacaan deklarasi tersebut.

Lima poin Deklarasi Pagaruyung itu adalah pertama memasukan ekonomi koperasi dalam kurikulum sekolah menengah sebagai cikal bakal enterpreniur pemuda Sumbar, kedua mengeksistensikan koperasi di sekolah dan melaksanakan kegiatannya di seluruh tingkatan.

Ketiga, ikut serta dalam setiap pelaksanaan program pemerintah menyosialisasikan pengembangan koperasi, keempat menggerakan ekonomi masyarakat nagari melalui program satu nagari satu koperasi, dan kelima melaksanakan jambore koperasi pemuda sebagai agenda tahunan untuk meningkatkan minat generasi muda di bidang perkoperasian.

di samping  Deklarasi Pagaruyung, peserta jambore juga menghasilkan Ikrar Koperasi, dimana mereka sepakat berjanji akan berkoperasi dengan landasan Tuhan Yang Maha Esa, mengoptimalisasikan manajemen kerja untuk memajukan koperasi, menjunjung tinggi atas kekeluargaan dan gotong royong. Kemudian, ikut serta dalam memajukan ekonomi kreatif masyarakat, dan menjadikan koperasi sebagai orientasi masa depan bangsa.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumbar, Zirma Yusri mengapresiasi peserta jambore yang telah menghasilkan dua komitmen penting yakni Deklarasi Pagaruyung dan Ikrar Koperasi.

Sementara Ketua Panitia Jambore Koperasi Pemuda se-Sumbar, Mirwan Pulungan mengatakan kegiatan ini merupakan ajang untuk mencari kader-kader muda bidang perkoperasian yang digelar dalam rangkaian memperingati Hari Koperasi ke–70 berlangsung pada 19 sampai 22 Juli 2017. Kegiatan tersebut di ikuti 18 kabupaten/kota.

Ketua DPRD Tanah Datar, Anton Yondra mengharapkan dari kegiatan jambore koperasi akan melahirkan kader muda untuk pengembangan usaha koperasi di Sumbar. Jambore koperasi ini diselenggarakan sebagai bentuk upaya dari pemerintah daerah dalam menanamkan prinsip dan nilai-nilai koperasi pada generasi muda sejak awal.

Pada kesempatan itu, diumumkan para pemenang lomba yakni Lomba Pidato, Juara 1 diraih SMKN 1 Painan, Juara 2 SMKN 1 Solok Selatan, Juara 3 SMAN 1 Payakumbuh. Untuk Lomba Kontingen Terfavorit, Juara 1 SMKN 1 Gunung Talang Solok, Juara 2 SMKN 1 Kotobaru Solok, Juara 3 SMKN 2 Bukittinggi.

Lomba Karya Tulis Ilmiah, Juara 1 Teguh Iza (SMKN 1 Sijunjung), Juara 2 Aldi (SMKN 2 Bukittinggi), Juara 3 Mutia (SMKN 1 Payakumbuh), Lomba Simulasi Rapat Anggota Tahunan, Juara 1 SMKN 2 Bukittinggi, Juara 2 SMKN 1 Sijunjung, Juara 3 SMKN 1 Sawahlunto.

Lomba Debat Koperasi, Juara 1 SMAN 1 Padang, Juara 2 SMKN 1 Sawahlunto, Juara 3 SMAN 1 Lubuk Alung. Lomba Tenda Terfavorit, Juara 1 SMKN 1 Gunung Talang, Juara 2 SMAN 1 Lubuk Sikaping, Juara 3 SMKN 2 Padang. Lomba Yel-Yel Koperasi Terfavorit diraih tuan rumah SMAN 1 Batusangkar. Sementara untuk Juara Umum diraih SMKN 1 Gunung Talang dengan nilai 82,67. (TIA)

print

Leave a Reply