Petugas Kesehatan Lakukan Pemeriksaan Antemortem & Pastmortem Hewan Kurban

Petugas Kesehatan Lakukan Pemeriksaan Antemortem & Pastmortem Hewan Kurban

- in Headline, TANAH DATAR
217
0

Batusangkar, bakaba – Petugas pemeriksa kesehatan hewan kurban Drh. Roki M mengatakan saat ini petugas kesehatan hewan di lapangan mulai turun ke pasar-pasar dan tempat penjualan ternak kurban guna melakukan pemeriksaan.

Petugas yang diterjunkan memeriksa fisik untuk memastikan kesehatan hewan dapat terjaga hingga proses penyembelihan. Bila dinyatakan sehat, maka hewan kurban akan diberi tanda dan layak kurban.

“Kita sudah mulai melakukan pemeriksaan ante mortem. Seperti melihat umur hewan, serta memeriksa apakah mengidap penyakit mulut dan kuku”, ungkapnya Selasa (21/08).

Pemeriksaan untuk hewan kurban, lanjutnya, dibagi dalam dua tahapan. Antemortem (sebelum penyembelihan) dan postmortem (pasca penyembelihan). Untuk pemeriksaan antemortem, kata Roki hewan yang telah diperiksa dan layak akan diberi sertifikat/surat keterangan layak untuk hewan kurban.

“Sedangkan untuk postmortem lebih pada pemeriksaan kondisi organ dalam hewan kurban. Seperti pemeriksaan hati guna memastikan tidak ada penyakit cacing hati,” tandasnya.

Pada saat pemotongan hewan kurban petugas akan langsung melakukan pemeriksaan pastmortem hal ini untuk memastikan hewan kurban layak konsumsi. (TIA)

print

Leave a Reply