Ternyata Ini Makna dan Filosofi Baluluak Bajarami

Ternyata Ini Makna dan Filosofi Baluluak Bajarami

- in Headline, News, TANAH DATAR
0

TANAH DATAR, bakaba.net –– Festival luluak bajarami masih berlansung di Nagari Kumango Kecamatan Sei Tarab Tanah Datar, Minggu (18/09/2022).

Pada hari kedua festival baluluak bajarami menampilkan silek dari berbagai sasaran silek yang berada di Tanah Datar.

Tapi ada yang mengelitik naluri keinginan tahuan saya, tentang penamaan festival baluluak bajarami dan tentunya nama itu bukan sekedar nama tapi mempunyai makna dan filosofi yang dapat dijadikan pedoman hidup.

Luluak merupakan lumpur yang terdapat sawah yang siap untuk ditanami bibit padi atau benih. Sawah yang luluaknya dalam biasanya akan menghasil panen lebih banyak dibandingkan sawah dengan luluak dangkal.

Untuk mendapatkan luluak yang dalam dibutuhkan pengolahan tanah sawah secara maksimal yang dimulai dengan membajak sawah untuk membalikan dilanjutkan dengan mencangkul tanah sehingga menghasilkan luluak yang diinginkan.

“Dalam kehidupan sehari-hari baluluak itu merupakan perjuangan tidak hanya untuk mengolah sawah, tetapi juga mendidik dan membesarkan anak-anak dengan memberikan makanan yang bergizi dan pendidikan yang bermutu,” ujar Wali Nagari Kumango Iis Zamora Putra menjawab bakaba.net, Minggu.

Hal itu sambung Iis Zamora tentu membutuhkan kerja keras dan maksimal sehingga hasilnya memuaskan.

Lalu apa makna dan filosofi bajarami. Jarami merupakan batang padi, tetapi bulir-bulir padinya sudah dilepas dengan cara “Ma Iriak”

Jemari ini bagi masyarakat dimanfaatkan untuk pupuk organik, makan ternak atap “dangau” rumah kecil yang terdapat disawah dan dimanfaatkan untuk beristirahat saat melaksanakan aktifitas disawah.

Jerami juga dimanfaatkan untuk kandang ternak baik untuk kandang kerbau, sapi, ayam maupun ternak lainnya. Jerami juga sering disebar dikandang ayam sehingga ayam tidak tidak terserang penyakit.

“Bajarami merupakan suatu aktifitas pemeliharaan untuk menjaga seluruh barang-barang berharga baik yang bergerak maupun tidak bergerak,’ terang Iis Zamora.

Baluluak bajarami merupakan suatu akfitifas kerja keras untuk menjaga tidak hanya harta pusaka tetapi juga nilai budaya, dan anak kemenakan dari pengaruh yang tidak baik. (***)

print

Leave a Reply