Syafaruddin : Pembukaan Jalan Baru Bantu Perekonomian Rakyat

Syafaruddin : Pembukaan Jalan Baru Bantu Perekonomian Rakyat

- in KABA, KABA NAGARI
841
0
Jalan Walan CocangInilah ruas jalan baru yang menghubungkan Bukik Ngalan dengan Sawah Cocang Padang Ganting.(Bakaba/Wirmas Darwis)

Batusangkar, Bakaba—Pembukaan jalan baru sekitar 3 KM yang menghubungkan Walan Jorong Koto Gadang Hilir dengan Jorong Rajo Dani Nagari Padang Ganting Kecamatan Padang Ganting sangat membantu perekonomian masyarakat, terutama dalam membawa hasil pertanian dengan menggunakan kendaraan roda empat.

“Jalan yang menyusuri kaki Bukit Pagie ini sejak beberapa hari lalu sudah dimulai pembukaannya menggunakan alat berat, karena medannya yang cukup berat sangat tidak memungkinkan untuk menggunakan tenaga manusia,” kata anggota DPRD Tanah Datar dari Fraksi Golkar Syafaruddin Dt. Marajo di Padang Ganting, Senin (28/11).

Dikatakan, kebijakan yang diambil Pemerintahan Nagari Padang Ganting untuk mengalokasikan dana APB (Anggaran Pendapatan dan Belanja) Nagari tahun 2016 sekitar Rp.190,- juta untuk pembukaan jalan baru ini sudah sangat tepat sekali, mengingat dengan adanya jalan baru ini sangat membantu masyarakat.

Jika selama ini hasil perkebunan dan hasil panen padi membawa ke rumah dengan memanggul diatas kepala, maka dengan dibukanya jalan baru dengan lebar sekitar 5 meter ini,  selain mempermudah transportasi kendaraan juga memudahkan bagi masyarakat membawa pupuk ke areal pertanian serta mengangkut hasil pertanian.

Rencana pembangunan jalan baru yang dimulai dari Walan ini akan menyusuri kaki bukit melintasi Cikarau, Guguk Bantar dan berakhir di Sawah Cocang, namun karena keterbatasan dana, kemungkinan akan dilakukan secara bertahap. Diperkirakan hanya sekitar 2 KM baru bisa dikerjakan tahun 2016 ini.

“Sebagai wakil rakyat dari Daerah Pemilihan III Tanah Datar, kita sangat mendukung sekali pembukaan jalan baru ini, karena jelas berdampak positif terhadap kehidupan masyarakat dari tiga jorong yang ada di Padang Ganting,” tutur Syafaruddin Dt.Marajo yang juga mantan Wali Nagari Padang Ganting ini menambahkan.

Menjawab pertanyaan Rakyat Sumbar seputar pengerasan jalan agar dapat dilalui kendaraan roda empat maupun roda dua dalam kondisi musim panas maupun musim hujan, Syafaruddin mengatakan sebagai sekarang dibuka saja dulu. Bila dana APBD Tanah Datar mendukung, kita akan coba mengupayakan untuk pengerasannya.(WD)

print

Leave a Reply