Blok hunian Rutan Situbondo mendadak digeledah

Blok hunian Rutan Situbondo mendadak digeledah

- in Headline, KABA RANTAU, News
0

bakaba.net , Situbondo — Tim Satopspatnal Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim secara mendadak mengeledah kamar hunian wargabinaan¬†rutansitubondo.kemenkumham.go.id Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Situbondo, Senin (30/01/2023).

Tim Satospatnal itu melakukan pengeledahan tidak hanya pada blok hunian, tetapi juga pada bagian dapur, bengker, kantin.

Blok hunian wargabinaan yang digeledah meliputi kamar nomor 7, 9 dan 10 untuk mencari benda-benda yang dilarang ada dalam blok hunian maupun ruang lainnya untuk menjaga kondisi rutan itu sendiri.

Dalam pengeledahan yang dimulai pukul 16.20 – 19.30 WIB itu terlihat tim Satops Patnal Divisi Pemasyarakatan Kanwil Jatim dan didampingi Ka.KPR, Kasubsi Pengelolaan, beserta jajaran.

Usai melakukan pengeledahan, selanjutnya wargabinaan tes urine warga binaan.

Kegiatan tes urine dan razia penggeledahan insidentil dilaksanakan untuk menindak lanjuti instruksi pimpinan yang berkomitmen menjadikan Rutan dan Lapas bersih dari praktik peredaran gelap narkoba, handphone dan barang terlarang lainnya

Tes urine dan razia penggeledahan itu sendiri lansung dipimpin Kabid PelayananTahanan, Kesehatan, Rehabilitas, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan beserta 5 Staff Jabatan fungsional umum pada Divisi Pemasyarakatan Kanwil Jatim dibantu petugas Rutan Situbondo

“Dalam razia atau penggeledahan rutin itu tidak ditemukan barang terlarang yang berbahaya,” ungkap Karutan Rudi Kristiawan menjawab wartawan di Rutan itu.

Rudi juga menegaskan tidak ada perlakuan istimewa atau pemberian fasilitas khusus pada wargabinaan tertentu di kamar blok hunian.

Sejumlah benda yang ditemukan dalam pengeledahan itu yaitu gunting besi, tang besi, sendok besi, korek api gas, gillette, chager MP3, potong kuku, kartu domino dan pinset.

Barang bukti hasil penggeledahan dan tes urine selanjutnya diinventarisir dan dicatatkan dalam berita acara serah terima hasil penggeledahan selanjutnya diamankan untuk dimusnakan.

“Tes Urine dan Razia penggeledahan itu untuk mendeteksi dini dan menciptakan suasana Rutan yang aman dan kondusif,” jelas Rudi.

Rudi Kristiawan tekankan Rutan Situbondo berkomitmen untuk zero halinar di dalam Rutan itu. (***)

Leave a Reply