Pemuda Kapa Dapat Pelatihan Otomotif

Pemuda Kapa Dapat Pelatihan Otomotif

- in Headline, News, Pasaman
363
0

PASAMAN BARAT, bakaba.net –– Balai Latihan Kerja Padang memberikan pelatihan otomotif terhadap 16 pemuda Nagari Kapa Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) diberikan pelatihan otomotif sepeda motor oleh Balai Latihan Kerja Padang.

“Pelatihan ini dilakukan selama 40 hari kerja di Gedung Pertemuan Padang Lawas, Nagari Kapa,” sebut Walinagari Kapa Yulizar, SH melalui Kepala Seksi Pemerintahan Nagari Kapa, Ramlan, Selasa (29/10).

Pelatihan tersebut digelar di Gedung Pertemuan Padang Lawas Nagari Kapa sampai 40 kedepan 16 pemuda kapa akan ditempa dengan otomotif.

Dalam pelatihan itu sebut Yulizar lebih memprioritaskan untuk pemuda yang putus sekolah dan pengangguran yang berusia produktif dari 18 hingga 22 tahun.

Banyak yang beranggapan putus sekolah bearti tidak memiliki masa depan,  anggapan itu jelas tidak tepatnya.  Pasalnya pemuda yang putus sekolah tetap bisa mendapatkan pendidikan dari luar sekolah salah satunya BLK.

“Kita berharap dengan adanya pelatihan ini memberikan harapan untuk masa depan mereka nantinya,” jelas Ramlan.

Setelah melalui pelatihan dan pembekalan diharapkan pemuda tersebut dapat membuka lapangan kerja, minimal untuk diri sendiri sehingga tidak lagi menatap masa depan dengan suram dan tentunya mereka tidak terjebak dengan hal-hal negatif.

“Pemuda merupakan penggerak bangsa, di tangan pemuda bangsa akan maju seperti apa yang tertuang di dalam sumpah pemuda yang selalu diperingati setiap tahun,” ucapnya.

Untuk tahun ini BLK Padang hanya memberikan pelatihan untuk pemuda Nagari Kapa. Pelatihan itu sendiri merupakan kerjasama Pemda Pasbar yang bekerja sama dengan BLK Padang. Hal ini sebutnya patut kita syukuri.

“Dipilihnya Nagari Kapa ini bukan tanpa alasan. Maka jangan saudara buang kesempatan ini,” pesan Ramlan.

Untuk terjun kedunia usaha seperti otomotif, pelaku usaha itu harus memiliki kemampuan atau skill sehingga tidak gamang masuk dunia kerja dengan persaingan yang sangat ketat.

Pelatihan ini harus memiliki hasil yang jelas bagi pemuda, sehingga peserta dapat berdikari dan menciptakan lapangan pekerjaan baru dan sangat membantu mengurangi pengangguran yang ada.

Ia menilai, di Nagari Kapa banyak pemuda-pemuda yang baru tamat sekolah lanjutan atas. Kata dia dengan adanya kegiatan ini sangat membantu dan pemuda bisa terhindar dari pengaruh narkoba yang kian mengkwatirkan,” tutupnya. (JUPRIADY)

print

Leave a Reply