Kembali Berprestasi, Batipuah Juarai Pidato Alua Pasambahan

Kembali Berprestasi, Batipuah Juarai Pidato Alua Pasambahan

- in ADAT, Headline, News, TANAH DATAR
2484
0

Batusangkar, bakaba.net — Grup pasambahan adat limbago cupak nan duo Nagari Batipuh Ateh Kecamatan Batipuh kembali mengukir prestasi menjelang tutup tahun 2019. Predikat Juara 1 Lomba aluah pasambahan adat untuk tingkat Kabupaten Tanah Datar diraih oleh grup pasambahan cupak nan duo Kamis (24/10).

Kegiatan yang digela Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAM) Tanah Datar dikantor LKAAM setempat dan diikuti 14 kecamatan yang ada di kabupaten tersebut.

“lomba pidato alua pasambahan sangat bermanfaat bagi generasi muda dan mendapatkan pujian dari masyarakat. Acara ini juga untuk meningkatkan ABS-SBK, di Tanah Datar,” kata Arianto Camat Batipuah menjawab bakaba.net disela-sela kegiatan.

Arianto menyebutkan, pantaslah kita bersyukur atas prestasi yang kita raih hari ini. Ini adalah prestasi dari seluruh keluarga grup pasambahan cupak nan duo, Masyarakat Batipuah, pemerintahan Nagari Batipuah Ateh serta dukungan penuh dari kecamatan Batipuah.

Kedepannya kata Arianto Kita akan meningkatkan kerjasama sehingga lebih banyak lagi prestasi yang dapat diraih anak nagari di lingkup kecamatan Batipuh baik dalam bidang Adat, Pemerintahan, olahraga, akademik maupun non akademik.

Group pasambahan Adat Limbago cupak nan duo itu sendiri  pernah menjuarai lomba yang sama pada tingkat Provinsi Sumatra Barat.  Group yang berbasis di Nagari Batipuh Ateh ini menjadi pusat untuk mencetak generasi penerus Bangsa khususnya dari Nagari Batipuh.

Antoni Datuak Parmato salah seorang anggota Grup pasambahan adat limbago cupak nan duo yang juga Ketua Karang Taruna Batipuah Ateh mengharapkan kegiatan itu  dapat dikembangkan ditiap nagari yang ada di  Tanah Datar.

“Saat sudah sangat minim generasi penerus yang paham dan tahu tentang adat pasambahan kato ini. Kita mendorong generasi muda untuk berperan aktif mengembangkan ABS-SBK sekalipun besarnya pengaruh budaya luar pada saat ini,” ujarnya.

Wali Nagari  Batipuah Ateh A.  Datuak Sinaro Alam Nan Putiah sangat mengapresiasi prestasi yang diraih grup pasambahan cupak nan duo, tetapi prestasi gemiliang itu jangan terputus pada bidang adat saja.

Bupati Tanah Datar diwakili Kadis PMKB Drs.  Novendril membuka kegiatan pidato alua pasambahan itu.  Terlihat hadir Ketua LKAAM,  para camat dan ASN dilingkungan pemkab setempat. (FIRDAUS)

 

 

 

 

 

 

print

Leave a Reply