Artis Senior Jajang C Noer Sebut Jalan Tol Berdampak Multiplier Effect

Artis Senior Jajang C Noer Sebut Jalan Tol Berdampak Multiplier Effect

- in Headline, KABA RANTAU, NASIONAL
422
0

Jakarta, bakaba – Hari masih pagi, matahari bersinar hangat ditemani angin yang bertiup sepoi-sepoi, saya menikmati pagi bersiram mentari disudut taman sangat asri dengan kolom ikan-ikan koi yang berenang kian kemari.

Tiba-tiba layar salah satu hape menyala dan terlihat VC uni Atitje dan mengingatkan jadwal janji wawancara dengan Jajang C Noer artis serba bisa yang berasal dai Selayo Solok Sumatera Barat. Uni Atitje memang sosok yang sangat perfek 

Hari ini saya memang ada jadwal mewawancarai artis senior Jajang C Noer. Siapa sih yang tidak kenal artis serba bisa Jajang C Noer berdarah Minangkabau dan merupakan putri tunggal dari tokoh nasional pergerakan kemerdekaan Indonesia Nazir Datuk Pamoentjak.

Tepat pukul 11.30 WIB saya sudah berada di rumah Jajang C Noer nan asri senyum khas dan candaan Jajang khas Melayu lansung menyambut kedatangan saya.

“Sudah-sudah jangan buka sepatu, ini bukan masjid”, ujar Jajang. Kita siang itu bercerita banyak sekali, salah satunya tentang jalan tol yang banyak diributkan orang. Beginilah pendapat Jajang C Noer tentang jalan tol

Jalan Tol menurut Jajang C Noer merupakan salah satu infrastruktur yang penting untuk bisa direalisasikan pembangunannya. Pasalnya, jalan tol bisa menjadi tulang punggung mendongkrak ekonomi Indonesia dengan memperlancar sistem distribusi logistik serta mempermudah mobilitas barang dan jasa. Bahkan pemerintah menargetkan mampu merealisasikan pembangunan jalan tol sepanjang 1.000 kilometer hingga tahun 2019.

Jalan tol sebagai in­fra­stuktur penting ini di­nilai Jajang C Noer sudah mendesak di­bangun, terutama untuk meng­urai kemacetan dan juga men­dorong pengem­bangan eko­nomi kawasan sekitar.

“Artinya, mempercepat pe­ngiriman barang, hasil bumi per­tanian, perkebunan dan juga mobilitas masyarakat dari daerah-daerah juga semangkin cepat. Ekonomi ber­gerak, aktivitas ekonomi tum­buh,” ujar artis senior ini.

Arus barang yang lancar, lanjutnya, juga dapat memang­kas biaya sehingga harga jual sayur mayur dan produk dae­rah-daerah tersebut makin eko­nomis. Kualitas hasil bumi juga terjaga karena masih segar ketika sampai di ibukota provinsi hingga ke tangan kon­sumen.

Selain berpengaruh pada lalu lintas logistik dan masya­rakat, Jajang C Noer juga mencermati, jalan tol akan mendorong pe­ngembangan pariwisata. Terlebih, jalan tol de­ngan konsep pelurusan jalan ini memperlancar akses jalur darat para wisatawan menuju objek-objek wisata.

Potensi ekonomi yang ter­garap, sambungnya, juga se­ma­kin membentang. Dari ako­modasi penginapan, kuli­ner, jasa transpor­tasi, hingga kerajinan alias handi­craft yang kebanyakan dipro­duksi UMKM.

“Efek bergandanya atau multiplier effect bisa dinik­mati masyarakat luas. Perpu­taran uang dan siklus produk­si juga lebih cepat dengan adanya jalan tol,” katanya

Jalan tol tersebut meliputi Jalan Tol Lintas Sumatera yang terdiri dari Lintas Utama dan Lintas Penghubung. Selain Jalan tol Lintas Sumatera terdapat Jalan Tol Non Lintas Sumatera yang meliputi jalan tol di Pulau Jawa.(TIA)

print

Leave a Reply