110 Tahun PT Semen Padang Bangun Nagari

110 Tahun PT Semen Padang Bangun Nagari

- in Headline, OPINI
656
0

Oleh Doni Nofra

Berdirinya PT Semen Padang 18 Maret 1910 oleh pemerintah Kolonial Belanda dengan nama NV Nederlansch Indishe Poortland Cement Maatschappij (NV NIPCM) yang sekarang kita kenal dengan PT Semen Padang.

Setelah kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, PT Semen Padang yang awalnya dinamakan (NV NIPCM) kemudian pemerintah Indonesia menjadikannya menjadi PT Nasionalisasi 5 Juli 1958, yang memberi kontribusi yang banyak terhadap perkembangan pemerintahan tentunya dalam bidang pendidikan, ekonomi, sosial dan pembangunan.

Seiring dengan perkembangannya sekarang tahun 2020 genap 110 tahun usia PT Semen Padang memberikan kontribusi yang besar terhadap pemerintahan dalam membangun nagari.
Sebagai masyarakat Sumatera Barat, kita mesti bangga dengan berdirinya PT Semen Padang yang banyak memberi kontribusi terhadap pembangunan di Sumatera Barat.

Di usia 110 tahun PT Semen Padang tahun ini 2020, bisa dikatakan dalam usia yang sangat matang dan memberi kontribusi yang besar untuk pembangunan Sumatera Barat ke depannya.

Tulisan ini ingin merekap berbagai bentuk kontribusi PT Semen Padang dalam membangun nagari dari berbagai bidang di Sumatera Barat, baik itu bidang pendidikan, ekonomi, sosial dan pembangunan.

Melihat perkembangannya dari awal berdirinya PT Semen Padang sampai sekarang, PT Semen Padang terus melakukan perubahan dan perkembangan dari tahun ke tahun, hari ini sudah mencapai enam titik perkembangan yang disebut Indarung VI.

Dari perkembangan PT Semen Padang tersebut membuktikan bahwa PT Semen Padang terus bersaing untuk lebih baik dan diminati dalam pembangunan dan stok semen Nasional.

Hadirnya PT Semen Padang di Sumatera Barat sangat memberi mamfaat bagi masyarakat Indonesia khususnya Sumatera Barat, dari berbagai bidang PT Semen Padang berperan penting dalam membagun Sumatera Barat.

Dalam bidang pendidikan PT Semen Padang sangat membantu untuk kelancaran dalam bidang pendanaan, ini semua direalisasikan melalui bantuan terhadap masyarakat Sumatera Barat yang memiliki kendala dalam pembiayaan pendidikan.

Selain itu PT Semen Padang memberikan banyak biayasiswa kepada para pelajar yang dimulai sejak sekolah dasar (SD), SMP, SMA, bahkan sampai perguruan tinggi.

Bantuan dan biayasiswa yang diberikan PT Semen Padang kepada masyarakat Sumatera Barat ini sangar dirasakan mamfaatnya dalam melanjutkan pendidikan di Sumatera Barat.

Kesemua ini sudah menjadi target PT Semen Padang untuk membagun nagari Sumatera Barat dalam menyiapkan orang-orang pintar, pemimpin masa depan dan memiliki pendidikan yang tinggi.

Sejalan dengan motto PT Semen Padang yaitu, kami telah berbuat sebelum yang lain memikirkan.

Sebagai masyarakat Sumatera Barat kita tidak perlu kawatir terhadap biaya pendidikan anak-anak kita, karena PT Semen Padang begitu antusias memperhatikan berkaitan pembiayaan pendidikan di Sumatera Barat melalui bantuan dan biayasiswa yang diberikan mulai dari Sekolah Dasar (SD) sampai ketingkat perguruan tinggi.

Bantuan tidak hanya diberikan dalam bentuk biayasiswa saja, namun kita lihat juga begitu banyak tempat-tempat umum yang dibantu dalam membagun nagari di Sumatera Barat, seperti, masjid, sekolah, jembatan, jalan, semua dilakukan demi membagun nagari kearah yang lebih baik kedepannya.

Dalam pengembangan non fisik, PT Semen Padang juga banyak memberikan inovasi baru dalam mengembangkan kreatifitas dan sumberdaya manusia seperti penyaluran bantuan pendidikan, pengelolaan UKM dan lain sebagainya.

Data yang penulis dapat tahun 2018 berkaitan dengan bantuan pendidikan yang diberikan PT Semen Padang kepada pelajar kurang mampu dan memiliki prestasi lebih kurang 1,3 milyar.

Dana sebesar ini sangat membantu dalam mengembangkan dan membangun nagari di Sumatera Barat terutama dalam bidang Pendidikan.

Pada tahun 2019 penulis rujuk melalui covesia.com juga laporan tahunan PT Semen Padang, PT Semen Padang menyalurkan dana Rp. 726.950.000 biaya pendidikan yang disalurkan melalui siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, mahasiswa perguruan tinggi dan atlet berprestasi untuk dua semester.

Analisis penulis terhadap PT Semen Padang dalam membangun nagari khususnya dalam bidang pendidikan cukup banyak dan sangat membantu masyarakat Sumatera Barat.

Harapan penulis dalam usia yang ke 110 tahun PT Semen Padang semangkin sukses dan memberikan hal yang terbaik untuk membagun nagari.

Selain itu PT Semen Padang merupakan aset yang menjadi harapan bangsa untuk selalu bertahan dan kuat dalam membagun nagari kedepannya.

Dalam bidang pembangunan, PT Semen Padang tidak diragukan lagi kualitasnya, kalau kita lihat bangunan-bagunan terbaik di Sumatera Barat seperti, masjid raya Sumbar, Kantor walikota Padang, RS Semen Padang, Jalan kelok sembilan, semuanya dan hampir seluruh bangunan di Sumatera Barat menggunakan produk PT Semen Padang, ini bukti bahwasannya PT Semen Padang memberikan yang terbaik untuk membangun nagari, tidak hanya Sumatera Barat, diber bagai propinsi diseluruh Indonesia juga membuktika