TSR Sumbar, Sosok Walikota Padang Panjang Jadi Harapan banyak Orang

TSR Sumbar, Sosok Walikota Padang Panjang Jadi Harapan banyak Orang

- in Headline, News, PADANG PANJANG
0

bakaba.net, PADANG PANJANG –Sosok Walikota Padang Panjang saat ini sangat menjadi perhatian dan harapan banyak orang, sehingga ditunjuk diamanahi sebagai Ketua Gebu Minang Sumatera Barat.

Hal itu menjadi semangat besar dalam memajukan ranah minang dari perantau dan ranah.

“Sosok Walikota Fadly Amran dalam memajukan Kota Padang Panjang terlihat sangat karismatik. Dan kedepan kita berharap dapat menjadi pemimpin yang memajukan dan mensejahterakan pembangunan Sumbar yang lebih baik lagi”, harap Sekdaprov Sumbar yang diwakili Staf Ahli Gubernur bidang ekonomi dan keuangan Drs. H. Syafrizal Ucok, MM.

Tim Safari Ramadan (TSR) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) saat itu mengunjungi masjid Baitul Rahmah Padang Panjang, Senin (04/04/2022).

Syafrizal Ucok pada kesempatan itu juga sampaikan, Kota Padangpanjang saat ini merupakan salah satu pembangunan kota di Sumbar yang berdedikasi prestasi nasional.

” Begitu banyak prestasi yang telah dicapai dan salah satunya terakhir penghargaan Anugrah Kebudayaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dalam acara Hari Pers Nasional di Kendari tahun 2022. Ini merupakan keberhasil Padangpanjang budaya lokal ikut serta mengatasi penanganan covid 19 di daerah ini”, ujarnya.

Syafrizal Ucok katakan pesan Gubernur Mahyeldi saat ini pentingnya kembali pembelajaran adat mesti dibagikan kepada anak kemenakan. Ada fenomena mamak miskin, kamanakan kaya manjauh tak peduli menghormati mamaknya.

“Ada istilah dahulu mamak ba daging taba, kamanakan ba pisau tajam, jaga adat jan binaso. Menandakan antara mamak dan kemenakan ada hubungan kedekatan menjaga adat dan budaya serta menjaga harga diri kaum. Titah ilmu pengalaman mamak menjaga budaya menjadi sebuah pelajaran hidup bagi anak kemanakan menjaga kelangsungan adat dan budaya sebagai kebanggaan daerah,” ungkapnya.

Walikota Padang Panjang Fadly Amran dalam kesempatan ini menyampaikan apresiasi atas kunjungan perdana TSR pemprov Sumbar di masjid Baitul Rahmah.

“Kami senang dan bangga atas perhatian pemprov yang begitu tinggi kepada kota Padang Panjang. Masjid ini pernah menjadi lokasi lomba MTQ Nasional tahun 2020 telah dibantu dalam kelengkapan pembangunan tempat udhuk yang respresentatif. Alhamdulillah sudah terwujud dan saat ini dapat bantuan lagi untuk kelengkapan yang lain”, ujar salah satu Walikota termuda di Sumbar.

Fadly Amran katanya melihat jumlah bantuan TSR saat ini, pemko Padang Panjang juga akan menyamakan jumlah bantuannya per masjid dan mushalla.

“Dahulu kami memberikan bantuan masjid cukup besar namun kemudian ditegur agar membuat standar yang ideal sesuai aturan berlaku. Hari ini bantuan TSR Pemprov 50 juta, ini amat besar dibandingan bantuan Pemko Padang Panjang baru 20 juta pembangunan masjid dan mushalla 10 jutanya”, ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut TSR Sekdaprov Sumbar menyerahkan bantuan pembangunan masjid dari Gubernur Sumatera Barat sebesar Rp 50 juta, naik dari tahun-tahun sebelumnya. (TIA)

print

Leave a Reply