Pelayanan Rupajang, “Ok Banget”, Tidak Ada Pungli

Pelayanan Rupajang, “Ok Banget”, Tidak Ada Pungli

- in Headline, News, PADANG PANJANG
0

PADANG PANJANG, bakaba.net Keluarga pengunjung warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Padang Panjang menilai Lapas yang berada di pusat kota sudah banyak mengalami perubahan. Bahkan perubahan itu dikatakan “ok banget”

“Pelayanan Rutan Padang Panjang, ok banget dan petugasnya juga sangat ramah,” kata keluarga Resky salah seorang warga binaan di Rutan Padang Panjang Rabu (21/04/2021).

Selanjutnya keluarga warga binaan itu mengatakan lingkungan rutan yang asri akan berdampak sangat baik terhadap warga binaan Rutan itu.

Ia juga mengatakan perubahan yang dilakukan oleh Rutan Padang Panjang dapat merubah adiknya yang dulu nakal sekali menjadi berubah menjadi baik.

“Dulu adik saya bandel banget, tapi berkat binaan petugas di Rutan, bisa berubah menjadi baik,” kata perempuan itu yang merupakan kakak kandung Rizky yang menjadi warga binaan di Lapas itu.

Berbagai inovasi yang dilakukan Rutan sebutnya sangat bermanfaat bagi para warga binaan. Hal itu membuat keluarga WBP puas.

“Puas, tidak ada yang kurang, apalagi sejak Rutan dipimpin Karutan yang baru,” katanya saat ditanya tentang pelayanan petugas Rupajang, meski dirinya tidak mengenal pimpinan Rutan tersebut.

Ia juga menambahkan petugas Rutan selain baik juga tidak ada pungutan dalam bentuk apapun saat keluarga mengunjungi warga binaan.

Kepala Rumah Tahanan kelas IIB Padang Panjang Rudi Kristiawan mengatakan salah satu fungsi penyelenggaraan pemerintahan yang adalah pelayanan publik.

Hal itu sebut Rudi sesuai dengan peraturan perundang-undangan Indonesia telah memberikan landasan untuk penyelenggaraan pelayanan publik dengan mendasarkan pada asas-asas umum pemerintahan yang bersih dan baik (clean and good governance).

Asas umum dimaksud adalah asas yang menjunjung tinggi norma kesusilaan, kepatutan dan norma hukum untuk menciptakan penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

Rutan Padang Panjang dalam hal ini sebut Rudi Kristiawan juga melakukan berbagai perbaikan, mulai dari melakukan renovasi kamar yang ditempati oleh warga binaan termasuk petugas yang melayaninya.

Rudi Kristiawan selalu tekankan kepada petugas untuk melakukan pelayanan yang baik bagi keluarga warga binaan maupun warga binaan itu sendiri.

Dirinya juga menjamin tidak ada pungutan liar dalam Rutan yang dia pimpin, ia menghimbau untuk lansung melaporkan tindakan petugas yang melakukan pungutan.

“Lansung laporkan ke saya, bila ada indikasi pungutan liar dalam Rutan,” tutupnya. (TIA)

print

Leave a Reply