Miliki 1.300 Home Industry, Di Tanah Datar Layak Berdiri Loka POM

Miliki 1.300 Home Industry, Di Tanah Datar Layak Berdiri Loka POM

- in Headline, News, TANAH DATAR
0

TANAH DATAR, bakaba.net — Wakil Bupati Richi mengatakan Tanah Datar juga belum memiliki Loka POM untuk melakukan inspeksi dan sertifikasi sarana/fasilitas produksi maupun distribusi obat dan makanan.

Loka POM juga untuk mengsertifikasi  produk, pengujian obat dan makanan hingga  pengawasan fasilitas kefarmasian.

Hal itu disampaikan Wabup Richi Aprian dalam kegiatan vaksinasi massal di gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar, Minggu (24/10/2021).”

“Mengingat keberadaannya yang sangat penting, untuk itu kami berharap BP POM dapat membentuk Loka POM di kabupaten Tanah Datar,” katanya.

Ia mengatakan, saat ini Tanah Datar sudah memiliki sarana bangunan yang bisa digunakan sementara, dan terus berupaya bantuan bangunan yang representatif serta bantuan peralatan yang lengkap untuk Loka POM.

Sementara Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BP POM) Padang Firdaus Umar menyampaikan terkait dengan keinginan Wabup Richi untuk memiliki Loka POM di kabupaten Tanah, pihaknya sangat mendukung.

“Loka POM itu membawahi beberapa daerah dan kalau didirikan di Tanah Datar itu pas, sebab letakkan ditengah dan berdekatan dengan beberapa kabupaten/kota lainnya,’ katanya.

Tanah Datar sebutnya sudah memiliki lebih 1.300 home industri yang perlu dibina dan diawasi serta dikembangkan oleh BP POM. Oleh sebab itu sudah sepatutnya LokaPOM ada di Tanah Datar.

Pada acara tersebut juga dihadiri anggota DPRD Tanah Datar Kamrita, Kepala Dinas Kesehatan Yesrita Zedrianis, dan Camat Lima Kaum Hendra Setiawan. (TIA)

print

Leave a Reply