Meskipun Berada di Kampung, SDN 06 Batipuh Terapkan Kurikulum 2013

Meskipun Berada di Kampung, SDN 06 Batipuh Terapkan Kurikulum 2013

- in Headline, KABA PENDIDIKAN
634
0

Batipuh, Bakaba—Kurikulum 2013 yang menekankan penerapan karakter budaya bangsa telah dilaksanakan dengan baik di SDN 06 Batipuh. Kondisi ini dapat terlihat dari keberhasilan indikator pencapaian praktik penerapan kebersihan bagi kesehatan peserta didik disekolah tersebut.

Kepala sekolah SDN 06 Batipuh Edi Suryadi. S. Pd dalam keterangannya kepada bakaba.net, Senin (4/9) mengatakan, dalam upacara bendera dan di dalam kelas kita sudah sampaikan tentang kebersihan diri sungguh sangat penting seperti pembiasaan mandi pagi dan sore, menggosok gigi dan bagian anggota tubuh yang terlipat memakai sabun, melap badan basah dengan handuk,serta mengganti pakaian dalam serta baju setiap kali selesai mandi.

Menurut Edi Suryadi, peserta didik di SDN 06 Batipuh sebagian besar berasal dari keluarga kampung yang sangat sederhana dengan pekerjaan utama para orang tua seagai petani peladang. Mereka meninggalkan anak anaknya dari pagi hingga sore untuk mencari nafkah.

“Tentu dapat dipahami, bekal pengalaman kecerdasan dan keilmuan yang harus diketahui dan dipraktekkan para siswa betul betul hanya berasal dari para guru, selebihnya adalah pengalaman lapangan dari alam takambang jadi guru saja,” kata Edi menambahkan.

Lebih jauh Edi Suryadi menjelaskan, peranan guru di wilayah Kapuah dan sekitarnya sungguh sangat penting karena selain mengajarkan ilmu pengetahuan, guru juga berfungsi sebagai orang tua yang bersedia dengan ikhlas menjadi pengasuh perkembangan fisik dan mental serta keagamaan para peserta didik.

Ia berharap, keberadaan semua guru dengan penerapan Kurikulum 2013 yang mengedepankan pembelajaran dan pembiasaan penerapan karakter jujur, kerja keras, pantang menyerah dapat diterapkan dalam mengelola hasil bumi jorong Kapuah seperti durian, sawo dan kemiri.

Penerapan ini dihartapkan akan membawa generasi jorong Kapuah kearah percepatan kecerdasan, kemandirian dan wawasan, cinta pada pendidikan bagi kemajuan dan perkembangan ekonomi berwawasan masyarakat kedepan.(MIT)

print

Leave a Reply