Lestarikan Cagar Budaya, BPCB Gandeng IAIN Batusangkar

Lestarikan Cagar Budaya, BPCB Gandeng IAIN Batusangkar

- in BUDAYA, Headline, TANAH DATAR
2042
0

Batusangkar, bakaba – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumbar, Riau dan Kepri mengandeng IAIN Batusangkar untuk meningkatkan rasa cinta generasi muda terhadap Cagar Budaya. Kegiatan dengan tema, pemajuan kebudayaan untuk pariwisata dalam membangun ketahanan bangsa akan digelar selama tiga hari di kampus IAIN Batusangkar.

Hal tersebut dikatakan Nurmatias Kepala BPCB Sumbar, Riau dan Kepri kepada bakaba.net di Batusangkar Senin (09/04).
Rangkaian kegiatan bersama BPCB dengan IAIN yaitu lomba fhoto dengan tema cagar budaya sebagai destinasi pariwisata, pameran fhotografi dan benda cagar budaya, seminar budaya dalam bentuk dialog interaktif, jelajah cagar budaya, pemutaran dokumenter dan aktrasi seni dan budaya Minangkabau.
Diharapkan kegiatan bersama dalam bentuk sinergitas ini dapat meningkatkan kunjungan wisata lokal dan mancanegara ke Tanah Datar. Pasalnya cagar budaya sangat potensi dikembangkan untuk tujuan wisata, apalagi saat ini Indonesia masuk tiga besar pasar wisata muslim dunia menyusul Malaysia dan Uni Emirat Arab.
Urgensi kegiatan tersebut diantaranya cagar budaya sebagai aset budaya bangsa yang memiliki nilai ekonomis dan non ekonomis. Cagar budaya sebagai ketahanan bangsa dan merupakan pariwisata edukatif.
Tetapi perhatian pemerintah dan masyarakat masih terhitung rendah sehingga sering terjadi vandalisme terhadap cagar budaya yang dapat menyebabkan kerusakan bahkan musnahnya cagar budaya.
Tujuan kegiatan itu, untuk mendukung program pemerintah dalam bidang pariwisata, mensosialisasikan pentingnya melestarikan cagar budaya dan memperkenalkannya kepada generasi muda. Disamping itu mengelolah kekayaan budaya kesejarahan bangsa serta meningkat kesadaran masyarakat untuk melestarikannya.
Dekan FEBI IAIN Batusangkar Ulya Atsani SH, M. Hum menyambut baik kegiatan tersebut, apalagi saat ini IAIN Batusangkar sudah memiliki jurusan pariwisata dan cagar budaya merupakan bagian dari pariwisata.
Menurut Ulya Atsani, Tanah Datar mempunyai potensi wisata baik wisata sejarah, budaya dan alam. Cagar budaya merupakan wisata edukatif yang sangat menarik bila dapat terkelolah dengan baik. Untuk itu diperlukan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya cagar budaya. Di harapkan kegiatan ini dapat berlanjut di masa-masa mendatang. (TIA)

print

Leave a Reply