Kembalikan Peran Masjid Sebagai Tempat Membangun Masa Depan Pemuda

Kembalikan Peran Masjid Sebagai Tempat Membangun Masa Depan Pemuda

- in Headline, OPINI
40
0

Galuh Febryan PutraK

Ketua Umum DPD BKPRMI Kota Padang

Di semua penjuru dunia dalam segala lintasan waktu, pemuda selalu berfungsi sebagai agen of change. Pemuda memiliki peran penting dalam memperjuangkan apapun yang dikehendakinya.

Mendikte pemuda dalam berkarya apalagi ingin membendungnya adalah bentuk kesia-siaan belaka.

Kita perlu membangun keyakinan bahwa Pemuda adalah masa depan dan Masjid adalah pusat peradaban. Dari keduanyalah kondisi ekonomi, politik, budaya, sosial, dan yang lain akan tumbuh lebih baik.

Saat ini, peranan pemuda – pemuda di masjid sangatlah minim. Ini terjadi, karena sedikitnya ruang-ruang yang diberikan kepada pemuda dalam berkarya.

Idealnyasetiap masjid harus mempunyai program yang sesuai dengan kebutuhan remaja dan pemuda, terutama dalam mengakses ilmu pengetahuan yang sesuai dengan usia muda dan remaja.

Hal ini bertujuan untuk meransang agar kegiatan remaja masjid mulai kembali disemarakkan. Kita harus mengakui saat ini aktivitas remaja masjid cenderung menurun karena program masjid yang memberi ruang bagi kalangan muda dan remaja.

Hari ini mari kita buka cakrawala berfikir kita bahwa masjid tidak hanya menjadi tempat khusus, namun fungsi masjid lebih besar dari apa yang kita fikirikan, di antaranya sebagai pusat pendidikan, kesehatan, merumuskan tatanan negara tentang perekonomian umat. (***)

print

Leave a Reply