Hujan Deras, Sungai Batang Tampo Buo Meluap Dan Genangi Tempat Ibadah

Hujan Deras, Sungai Batang Tampo Buo Meluap Dan Genangi Tempat Ibadah

- in Headline, News, TANAH DATAR
0

bakaba.net, TANAH DATAR –Hujan deras yang terjadi di wilayah Lintau Buo Tanah Datar Jum’at (22/04/2022) mengakibatkan meluapnya Sungai Batang Tampo Buo dan sempat menggenangi salah satu tempat ibadah.

Genangan air ke dalam tempat ibadah itu, membuat jema’ah tidak bisa melaksanakan sholat taraweh.

“Luapan Sungai Kecil Batang Buo juga menggenangi Mushalla, sehingga tidak bisa digunakan untuk ibadah,” kata Umar salah satu warga yang berhasil dikontak bakaba.net, Jum’at malam.

Ia juga menyampaikan luapan genangan sungai Batang Buo sampai ke Jalan Raya Lintau – Setangkai.

Kapolsek Lintau Buo Polres Tanah Datar AKP Surya Wahyudi, S.H  membenarkan sungai Kecil Batang Buo di Jorong Batang Buo Nagari Buo Kecamatan Lintau Buo meluap dan menggenangi ruas jalan setinggi 15 Cm sekira pukul 19.00 WIB.

“Luapan sungai Batang Tampo karena tingginya curah hujan, sehingga menggenangi jalan, rumah ibadah dan sawah masyarakat,” ujarnya.

Ia menambahkan luapan air sungai Batang Tampo juga menghanyutkan kolom ikan warga.

“luapan sungai itu juga menghanyutkan Kolam Ikan warga, dan menimbulkan kerugian materil sekitar Rp 4 juta rupiah,” ujarnya.

Selanjutnya Surya mengabarkan luapan sungai pada ruas jalan dan tempat ibadah sudah surut dan warga lansung membersihkan Mushalla yang sebelumnya juga digenangi air.

Tetapi ambulans tetap di stand by pada lokasi bencana untuk berjaga-jaga bila ada banjir susulan.

“Mobil Ambulan Nagari Buo dan saya tetap stand by di lokasi luapan Sungai Batang Tambo,” ujar Surya.

Surya menghimbau masyarakat yang tinggal di sekitar daerah aliran sungai agar selalu waspada kemungkinan terjadinya luapan air susulan yang lebih besar yang berpotensi menyeret warga. (TIA)

print

Leave a Reply