Bupati Dua Periode Shadiq Pasadigoe Dampingi Wabup Richi Aprian Buka Festival Baluluak Bajarami

Bupati Dua Periode Shadiq Pasadigoe Dampingi Wabup Richi Aprian Buka Festival Baluluak Bajarami

- in Headline, News, TANAH DATAR
0

TANAH DATAR, bakaba.net – Shadiq Pasadigoe bupati Tanah Datar dua periode,  tahun 2005 – 2010 dan 2010 – 2015 mendampingi Wakil Bupati Richi Aprian membuka secara resmi festival baluluak bajarami di Nagari Kumango Kecamatan Sei Tarab Tanah Datar, Sabtu (17/09/2022).

Terlihat juga Bupati Zuldafri Darma, tokoh masyarakat Febi Datuak Bangso, Dinas Instansi, camat dan wali nagari se Tanah Datar turut menghadiri kegiatan program unggulan Pemerintah Tanah Datar itu

Festival yang digelar selama dua hari itu dihadiri ribuan masyarakat yang memadati panggung utama di nagari itu.

Wali Nagari Kumango Iis Zomora Putra mengatakan pelaksanaan festival baluluak bajarami mendapat dukungan yang luar biasa dari masyarakat nagari mulai dari awal perencanaan sampai puncak kegiatan.

“Alhamdulillah… Kegiatan festival mendapat dukungan luar biasa dari masyarakat,” ujar Iis Zamora disela-sela pembukaan festival.

Iis Zamora mengatakan awalnya festival direncanakan hanya pertunjukan silek, karena di Kumango sendiri ada Silek Kumango yang mendunia.

“Akhirnya kita memutuskan dalam festival tidak hanya pertunjukan silek tetapi juga potensi lokal lainnya, termasuk UMKM,” ujarnya.

Ia mengharapkan festival baluluak dan bajarami dapat “Membangkik Batang Tarandam dan baluluak bajarami itu sendiri mempunyai makna dan filosofi yang mendalam.

Bupati dua periode M. Shadiq Pasadigoe mengapresiasi pelaksanaan festival baluluak bajarami di Nagari Kumango. Pasalnya pelaksanaan festival itu berdampak lansung pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Ia melanjutkan Nagari Kumango sendiri dapat menjadi daerah tujuan wisata budaya dengan adanya sosok Syekh Abdurrahman Al khalidi atau Syekh Kumango yang menciptakan jurus Silek Kumango.

Tentunya hal itu harus didukung dengan konsep kawasan wisata terpadu “Silek Kumango”.

Ian Piliang salah seorang fhotografer mengatakan pelaksanaan festival luluak bajarami sangat luar biasa, karena bisa mengenal Silek Kumango yang luar biasa.

Sementara Wakil Bupati Richi Aprian mengatakan, Kumango merupakan nagari unggulan di Kabupaten Tanah Datar dan melahirkan tokoh-tokoh besar serta pengusaha sukses.

Selanjutnya ia mengatakan, Program Unggulan Satu Nagari Satu Event ini hanya bermodalkan Rp.50.000.000,00 dari APBD Tanah Datar, tetapi bila dihitung secara jujur mungkin lebih dari Rp.100.000.000,00 dengan segala bentuk kegiatan dan tampil di arena Festival Silek Baluluak Bajarami Nagari Kumango ini. (***)

print

Leave a Reply