AKP Julisman, Sosok Polisi Yang Humanis Dari Polres Tanah Datar

AKP Julisman, Sosok Polisi Yang Humanis Dari Polres Tanah Datar

- in Feature, Headline
0

bakaba.net, TANAH DATAR — kota Batusangkar Tanah Datar meski hanya kota kecil, tetapi lalu lintas di kota itu cukup padat dan sibuk, terutama pada saat pagi da siang saat anak sekolah pergi dan pulang sekolah.

Untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas pada jam-jam sibuk itu, Polres Tanah Datar menempatkan sejumlah personil dari Sat Lantas pada ruas-ruas yang padat lalu lintas, persimpangan maupun depan-depan sekolah.

Petugas Sat Lantas itu mengatur lalu lintas, agar tidak terjadi penumpukan Kenderaan juga membantu masyarakat untuk menyeberang jalan.

Pagi itu, Rabu (06/04/2022), salah satu ruas jalan yang sangat padat dan sibuk terdapat di ruas jati, pasalnya sebagian ruas jalan itu dimanfaatkan oleh pedagang untuk berjualan, sisi lainnya juga digunakan untuk parkir Kenderaan bermotor roda dua dan roda empat.

Padatnya lalu lintas di ruas Jati itu, karena setiap pagi dimanfaatkan untuk pasar tumpah yang memanfaatkan setenggah badan jalan dan diperparah dengan pedagang yang menaikan maupun menurunkan dagangan mereka di ruas tersebut.

Dibutuhkan kesabaran ektra untuk menghadapi masyarakat agar tidak terjadi benturan, makanya sebelum diterjunkan ke lapangan Kapolres Tanah Datar AKBP Ruli Indra Wijayanto, S.I.K, M.Si agar humanis saat bertugas serta menghindari bentrok karena polisi merupakan pengayom yang harus memberikan contoh yang baik.

Kembali ke ruas Jati yang super sibuk setiap pagi itu, terlihat sejumlah petugas sibuk mengatur lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan.

Diantara padatnya lalu lintas yang hanya berjarak beberapa puluh meter dari kantor Sat Lantas Polres Tanah Datar terlihat AKP Julisman, S.H, M.H juga sibuk mengatur lalu lintas, sekali-kali ia menghentikan Kenderaan untuk memudahkan masyarakat untuk menyeberang jalan.

AKP Julisman yang merupakan Kasat Lantas itu sekali-kali menyapa ramah penguna jalan dilain waktu ia juga akan tersenyum pada warga, meski terlihat sibuk ia tetap mengedepankan sisi humanis seperti yang selalu ditekankan Kapolres AKBP Ruli.

Ditenggah kesibukannya mengatur lalu lintas, dari kejauhan terlihat seorang ibu-ibu yang kesulitan untuk menyeberang jalan.

Melihat hal itu, AKP Julisman segera menghampiri ibu yang mengunakan baju biru bermotif dan berkerudung gelap itu. Berlahan ia mengulurkan tangan untuk membantu ibu itu menyeberang jalan.

AKP Julisman terlihat membimbing ibu yang sudah beranjak tua itu menyeberang jalan, ia berjalan berlahan mengimbangi langkah-langkah itu tersebut.

Ia terlihat sangat sabar dan humanis saat membantu ibu tersebut menyebarang jalan, terlihat jemari tangan kanannya ibu itu menggenggam tangan AKP Julisman, sementara pada tangan kirinya terdapat kantong kresek yang digunakan untuk barang belanjaan.

Usai menyeberangkan ibu-ibu tadi, AKP Julisman kembali terlihat sibuk mengatur lalu lintas. Kesibukan seperti ini setiap harinya akan berlansung tiga kali, yaitu pagi hari saat anak-anak berangkat sekolah dan pegawai masuk kantor, selanjutnya siang saat pulang sekolah dan sore hari.

Semoga seluruh anggota Polri selalu menjadi pengayom masyarakat, melayani dengan tulus dan ikhlas.

Saya tersenyum dan berlalu dari jauh saya ucapan bravo Polri…

print

Leave a Reply