Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Pemkab Pessel Canangkan Tanam Bersama Kedelai

Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Pemkab Pessel Canangkan Tanam Bersama Kedelai

- in Headline, PASSEL
158
0

Painan, bakaba – Pemkab Pesisir Selatan mencanangkan tanam bersama kededai di Nagari Kambang Timur Kecamatan lengayang Rabu (29/08). Tanam bersama komoditas kedelai ini merupakan wujud pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat kabupaten pesisir selatan.

Demikian disampaikan. Bupati di wakili Asissten II Pessel Rusdiyanto saat memberikan sambutan dalam acara pencanagan tanam bersama kedelai bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) Kelok Indah.

Penetapan Nagari Kambang Timur sebagai desa mandiri benih kedelai merupakan tantangan sekaligus momentum peluang dalam meningkatkan pertanian kedelai di Pemkab Pessel.

Sementara itu, Dandim 0311/Pessel Letkol Wahyu Akhadi, S.H mengatakan kegiatan tanam bersama ini merupakan wujud nyata kodim 0311/pessel dalam rangka mendukung suksesnya swasembada pangan diwilayah Pessel.

“Swasembada pangan tidak hanya disektor pertanian padi saja, tetapi juga meliputi pertanian jagung dan juga kedelai seperti yang sedang kita lakukan ini,” sebut Dandim”.

Pada kesempatan tersebut Kadis Pertanian Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Provinsi Sumbar Ir. Candra, M.Si sangat mengapresiasi kegiatan KWT kelok indah ini yang dimotori oleh ibuk-ibuk rumah tangga

“Sangat bangga sekali, karna kegiatan yang sangat positif ini dapat berjalan meskipun hanya di naungi ibuk-ibuk rumah tangga sebagai penggeraknya,” ucap Candra. Pemkab Pessel merupakan salah satu kabupaten yang bisa menggerakan pertanian kedelai.

“Disumbar ada 12 kab/kota yang dapat dijadikan sentral pertanian kedelai, termasuk Pessel”, ujarnya.

kegiatan tanam bersama ini juga turut dihadiri oleh Dirjen tanaman pangan Sumbar Sri Evita, Kadistanhorbun Pessel Jumsu Trisno, BPK, PPL dan Wali Nagari se-Kecamatan lengayang. (TIA)

print

Leave a Reply