Razia Masker Upaya Memutus Mata Rantai Covid-19

Razia Masker Upaya Memutus Mata Rantai Covid-19

- in Headline, OPINI
108
0

Defika Putri

Mahasiswa Sosiologi Agama

IAIN Bukittinggi

Masker ialah salah satu alat pelindung diri yang menutupi sebagian dari wajah yaitu mulut dan hidung. Masker wajib kita gunakan pada saat ini berhubung dengan penyebaran Covid-19 yang kian hari makin banyak merenggut jiwa.

Daerah Pasaman Barat pada saat ini mulai dalam keadaan was-was karena sudah ada beberapa dari masyarakat yang terkena virus tersebut. Covid-19 ini sangat berbahaya karena penularannya yang cepat dan bisa berakibat pada kematian.

Penularan virus Covid-19 bisa melalui kontak langsung dari orang yang terinfeksi virus tersebut kepada orang lain. Penularannya bisa dari cipratan air mulut atau hidung ketika seseorang berbicara dan juga bersin.

Maka dari itulah menggunakan masker pada saat ini merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan agar resiko terinfeksi virus ini bisa di minimalkan.

Dan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 tersebut, maka Polres dan PMI Kab. Pasaman Barat melakukan razia masker dibundaran Simpang Empat Kab. Pasaman Barat.

Bundaran Simpang Empat merupakan pusat kota yang sering dilalui oleh masyarakat baik dari dalam kota Kab. Pasaman Barat atau juga orang-orang dari luar daerah Pasaman Barat.

Selain itu dalam upaya memutus penyebaran mata rantai Covid-19 ini, Polres dan PMI Kab. Pasaman Barat juga memberi arahan kepada masyarakat agar selalu menjaga jarak dengan orang lain yaitu minimal 1 meter sampai 1,5 meter.

Disamping itu masyarakat juga diarahkan untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, seperti rajin mencuci tangan dengan baik dan benar ketika hendak keluar atau masuk rumah.

Tetapi banyak masyarakat yang belum sadar akan pentingnya menggunakan masker di era pandemi Covid-19 ini, karena kurangnya kepedulian mereka terhadap diri diri, keluarga dan orang-orang terdekatnya .

Seperti pada saat razia masker yang diadakan di bundaran Simpang Empat ini, banyak dari kalangan masyarakat yang tidak menggunakan masker. Mengapa hal yang demikian terjadi? Hal itu terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat tersebut.

Oleh sebab itulah razia masker ini diadakan, dengan harapan bahwa masyarakat bisa tetap menggunakan masker ketika keluar rumah dan ketika berkomunikasi dengan seseorang agar masyarakat bisa terhindar dari penularan virus tersebut. (***)

print

Leave a Reply