Perencanaan Pembangunan Harus Melihat Potensi Nagari

Perencanaan Pembangunan Harus Melihat Potensi Nagari

- in Headline, News, PARLEMENTARIA, TANAH DATAR
0

TANAH DATAR,bakaba.net —Perencanaan pembangunan nagari hal merupakan tahapan yang sangat penting untuk mencapai keberhasilan pembangunan. Melalui perencanaan dapat dilihat mau dibawa kemana nagari kedepannya.

Perencanaan pembangunan tentunya dengan tetap melihat potensi dan sumber daya yang ada.

Dalam UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional menjelaskan bahwa perencanaan sebagai suatu proses untuk menentukan tindakan masa depan yang tepat, melalui urutan pilihan, dengan memperhitungkan sumber daya yang tersedia dalam daerah tersebut.

Sementara PP 8 Tahun 2008 menjelaskan bahwa pembangunan daerah merupakan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat yang nyata. Baik dalam aspek pendapatan, kesempatan kerja, lapangan berusaha, akses terhadap pengambilan kebijakan, berdaya saing, ataaupun peningkatan indeks pembangunan manusianya.

Jadi dapat  disimpulkan  bahwa Perencanaan Pembangunan Daerah menurut PP 8 Tahun 2008 merupakan suatu proses penyusunan tahapan-tahapan kegiatan yang melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan didalamnya, yang mempunyai tujuan yaitu pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya yang ada dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial dalam suatu lingkungan wilayah/daerah dalam jangka waktu tertentu.

Hal itu disampaikan anggota DPRD Tanah Datar Agus Tofik dalam Musyawarah Nagari (Musnag) Balimbiang Kecamatan Rambatan yang digelar di aula Kantor Wali Nagari setempat, Senin (28/06/2021).

Ia juga menyampaikan pentingnya perencanaan, para ahli sampai berpendapat bahwa perencanaan merupakan setengahnya dari keberhasilan.

Untuk itu politisi Agus Topik berharap agar peserta Musyawarah Nagari Balimbiang diharapkan betul-betul dapat merencanakannya dengan baik, apa yang kita butuhkan dapat tercapai dengan baik.

Sebelumnya Agus Tofik, juga menyampaikan Pemkab dan DPRD sedang menyusun RKP (Rencana Kerja Pemerintah) tahun 2022 dan Usulan RKP tahun 2023.

Hal itu sebutnya, perencanaan yang disusun ini diharapkan dapat didiskusikan dengan baik dalam sidang kelompok dan menghasilkan program dan kegiatan yang betul-betul sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Agus Tofik juga sampaikan agar tetap waspasa dalam kondisi pandemi covid 19, agar tidak terpapar virus itu, bahkan sebisanya dapat mengantisipasi penyebarannya.

“kita berharap musibah yang telah memporakporandakan perekonomian rakyat segera berakhir,” katanya.

Dalam perencanaan pembangunan kata Agus Topik, jangan terlalu fokus dalam pembangunan fisik semata, tetapi juga mengalokasikan dana untuk pembangunan sumber daya manusia, terutama untuk mencegah pengaruh negatif kemajuan teknologi dan informasi.

Sementara Camat Rambatan Dra.Liza Martini pada kesempatan itu juga berharap agar peserta Musna dapat merencanakan dengan baik, sehingga apa yang dibutuhkan dan diharapkan masyarakat dapat terpenuhi kedepan.

Sedangkan Wali Nagari Balimbiang A Dt.Bagindo Basa berharap kepada anggota DPRD Tanah Datar Agus Tofik dan Abu Bakar agar memasukkan rencana pembangunan gedung KAN (Kerapatan Adat Nagari) melalui dana Pokir (Pokok pikiran) anggota dewan, mengingat hal tersebut tidak bisa dimasukkan dalan APB Nagari.(TIA )

print

Leave a Reply