Pelatihan Basic Training HMI Tanah Datar, Mahasiswa Agen Perubahan

Pelatihan Basic Training HMI Tanah Datar, Mahasiswa Agen Perubahan

- in Headline, News, TANAH DATAR
0

TANAH DATAR, bakaba.net —  Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian mengatakan mahasiswa pelopor dan agen perubahan serta merupakan kekuatan bangsa.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Richi Aprian saat membuka kegiatan basic training latihan kader  Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Tarbiyah Cabang Cabang Batusangkar di Aula SKB I Pagaruyung, Rabu (20/10/2021).

Wabup mengatakan, Mahasiswa sumber kekuatan bangsa, sebagai pelopor dan agen perubahan dalam banyak sejarah perjuangan di indonesia.

Pergerakan mahasiswa, menjadi roh dalam mengawal pemerintahan yang lebih berpihak kepada masyarakat dan rakyat.

“HMI bukanlah sebuah organisasi massa, tetapi organisasi mahasiswa yang mengutamakan pengkaderan. Untuk itu HMI harus bisa memberikan warna, bukan malah diwarnai atau dimanfaafkan oleh pihak lain yang sekedar mengambil keuntungan pripadi atau kelompok tertentu semata,”.

Ia mengatakan, sebagai organisasi kader HMI harus bisa menciptakan kader-kader yang berkualitas sebagaimana tujuan awal organisasi ini didirikan.

Untuk mencapai tujuan itu, dibutuhkan pelatihan yang komfrehenship dan dinamis bagi kader pemula sebagai salah satu orientasi dasar organisasi yang tidak bisa dipisahkan dari HMI.

“Ingat, adik-adik bukan hidup untuk masa lalu, maka jadilah kader yang mampu memberikan warna dan menjadi contoh kapanpun, dimanapun kalian berada. Jadikanlah sejarah masa lalu sebagai cermin untuk menatap masa depan yang lebih baik dalam semangat organisasi yang selalu siap memerangi perbuatan yang tidak sesuai dengan tujuan organisasi,” pesan Richi dihadapan peserta Basic Training.

Wabup Richi berharap, HMI betul-betul dapat mencerminkan sikap dan karakter seorang mahasiswa islam yang sejati. Yang pemikiran, ucapan, dan tingkah lakunya membuat orang dapat mengenal Islam dengan baik.

Pada kesempatan itu WAbup juga sebut bangsa sedang dihadapkan pada rusaknya moral generasi muda dan maraknya penyakit masyarakat.

Bahkan Tanah Datar sebut Richi menempati peringkat ke-5 dengan kasus HIV/Aids, ini tentu sesuatu yang sangat mengkhawatirkan.

Pada kesempatan itu Wabup Richi agar mahasiswa dapat menjauhkan diri dari perbuatan asusila, penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas, LGBT, dan hal-hal negatif lainnya.

Mahasiswa harus mencerminkan intektual dan jauh dari berbagai penyakit masyarakat yang dapat merusak moral generasi muda.

“Cerminkan akhlak seorang muslim, dan ciri seorang kaum terpelajar dan intelektual,” tegas Richi Aprian.

Sementara Ketua umum HMI Ikhsan Azhari, mengatakan kegiatan dengan tema ‘Terbinanya Kepribadian Muslim Yang Berkualitas Akademis, Sadar Akan Fungsi Dan Perannya Dalam Berorganisasi.

Hak Dan Kewajiban Sebagai Kader Bangsa’ ini dimaksudkan menjadi cikal bakal kader HMI yang handal, kritis dan berkarakter tandas Iksan Azhari.

Dia juga mengingatkan agar peserta bisa mengikuti dengan baik setiap kegiatan pelatihan ini, sehingga apa yang menjadi tujuan semula bisa tersampaikan dan terserap dengan baik. (TIA)

print

Leave a Reply