Wabup Richi Aprian, BPK Sampaikan 4 Skenario Tentukan Keberhasilan Indonesia Hadapi Covid 19

Wabup Richi Aprian, BPK Sampaikan 4 Skenario Tentukan Keberhasilan Indonesia Hadapi Covid 19

- in Headline, News, TANAH DATAR
0

TANAH DATAR, bakaba.net – Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, mengikuti Zoom Meeting Grand Launching Buku Pendapat (Strategic Foresight) BPK, Kamis (21/10/2021).

Wabup Richi mengatakan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI) dalam Zoom Meeting itu menyampaikan berbagai kemungkinan yang dapat terjadi pada 5 tahun ke depan (2021–2026) dalam 4 skenario.

Menurut pendapat BPK, empat skenario itu juga ada 5 tema yang  perlu diantisipasi pemerintah, yaitu reformasi kesehatan, reformasi pajak dan kesinambungan fiskal, visi dan kepemimpinan pemerintah, transformasi digital dan tata kelola data, serta kualitas sumber daya manusia.

“Tema-tema tersebut perlu mendapat perhatian pemerintah karena akan turut menentukan keberhasilan Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19 maupun kemungkinan terjadinya pandemi, bencana, dan krisis global di kemudian hari,” kata Ketua BPK RI, Agung Firman Sampurna, dalam peluncuran Buku Pendapat Strategic Foresight pertama yang berjudul Membangun Kembali Indonesia dari COVID-19: Skenario, Peluang, dan Tantangan Pemerintah yang Tangguh, dan Website Strategic Foresight BPK pada Kamis (21/10/2021).

Buku ini, kata Firman, telah disampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada 15 Oktober 2021 di Istana Negara. Lebih lanjut, ia membeberkan, dalam tugas melakukan pemeriksaannya.

BPK memiliki 3 peran oversight, insight, dan foresight. Peran oversight dan insight diwujudkan dalam tugas pemeriksaan keuangan, pemeriksaan kinerja, dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu, serta pemberian pendapat kepada pemerintah.

Buku yang berjudul, “Membangun kembali Indonesia dari Covid-19: Skenario, Peluang dan Tantangan Pemerintah yang Tangguh.” itu di launching di Jakarta dan diikuti secara virtual oleh Bupati/Wali Kota se-Indonesia. (TIA)

print

Leave a Reply