Dandim 0307 Tanah Datar Letkol. Inf. Edi S Harahap Sebut Dana TMMD Rp. 1,6 M

Dandim 0307 Tanah Datar Letkol. Inf. Edi S Harahap Sebut Dana TMMD Rp. 1,6 M

- in Headline, TANAH DATAR
599
0

Batusangkar, bakaba – TNI Manunggal Membangun Desa/Nagari ke-103 Tahun 2018 Wilayah Kodim 0307 Tanah Datar, Jorong Kubang Landai Nagari Saruaso Kecamatan Tanjung Emas dan Jorong Kelarasan Nagari Minangkabau Kecamatan Sungayang menjadi sasaran operasi.

Dandim 0307 Tanah Datar Letkol. Inf. Edi S. Harahap dalam upacara pembukaan, Selasa (15/10) di Lapangan Bola Kaki Nagari Saruaso melaporkan, Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahun 2018 di wilayah Kodim 0307 Tanah Datar adalah yang ke-103 dengan tujuan membantu Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dalam rangka percepatan pembangunan. Dan mewujudkan kemanunggalan TNI Rakyat secara serasi dan terpadu.

Untuk pelaksanaan kegiatan, Dandim katakan, “Pra TMMD sudah kita mulai sejak tanggal 5 September sampai 14 Oktober lalu, dan untuk kegiatannya akan dimulai dari pembukaan saat ini 15 Oktober dan berakhir nanti 13 November mendatang.

Kegiatan TMMD ini kita bagi dua sasaran yaitu fisik dengan kegiatan pembukaan jalan baru dan pengerasan sepanjang 2 km dengan lebar 8 meter, pengecoran jalan sepanjang 400 meter dengan lebar 3,5 meter, pembuatan saluran irigasi lebih kurang 300 meter, Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RLTH) 8 unit, rehab pos ronda 1 unit, rehab mushalla 1 unit dan pembuatan MCK 1 unit.

Sementara sasaran non fisik, akan dilakukan penyuluhan kebencanaan, Pendidikan Bela Negara, peghijauan, kegiatan donor darah, program pembangunan pemberdayaan masyarakat desa, pelayanan kesehatan masyarakat, kerjasama informasi dengan masmedia oleh Dinas Kominfo, promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat serta penyuluhan tentang hukum, narkoba, lalu lintas dan pekat.

Anggaran kegiatan sebut Edi S. Harahap sebesar Rp. 1,6 miliar lebih yang bersumber dari APBD Tanah Datar, APBN dan Dana Nagari Saruaso.

Dari itu Dia bertekat kegiatan TMMD dapat dilaksanakan semaksimal mungkin dengan hasil yang sesuai harapan, pungkasnya.

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma yang pada saat pembukaan TMMD tersebut bertindak selaku Inspektur upacara usai pemeriksaan personil mengatakan, kegiatan TMMD sangat membantu pemerintah daerah, misalnya dengan pembukaan jalan baru di Jorong Kubang Landai, ini nanti akan memudahkan akses bagi masyarakat, ucapnya.

Wabup Zuldafri Darma juga menghimbau kepada Wali Nagari untuk mengajak masyarakat agar mendukung dan mensukseskan agenda Kodim 0307 Tanah Datar di kedua nagari itu.

“Sasaran kegiatan fisik dan non fisik dari TMMD ini wujud kepedulian TNI membangun bangsa dari segala sektor, ini juga sesua tema, TNI Manunggal Bersama Rakyat Dalam Mewujudkan Desa Yang Maju Sejahtera Dan Demokratis,” ucapnya.

Sebelumnya saat pemeriksaan personil, Wabup Zuldafri Darma didampingi Staf Ahli Pangdam I Bukit Barisan Kolonel Inf. Igit Donolego, Kasrem Kol.Arh. Sonny Septiono, Staf Ahli Gubernur Sumbar Nazrizal Dafri, Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol. Inf. Edi S. Harahap, Kapolres Tanah Datar AKBP. Bayuaji Yudha Prajas dan Kajari Tanah Datar M. Fatria.

Turut hadir saat pembukaan TMMD ke-103 tersebut Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Dandim se-Sumatera Barat, Wakil Ketua DPRD Tanah Datar dan Anggota, Camat se-Tanah Datar, Wali Nagari, Ketua GOW Ny. Retri Zuldafri Darma, Ketua Persit Kodim 0307 Tanah Datar, Tokoh Masyarakat, Niniak Mamak, dan undangan lainnya. (TIA)

print

Leave a Reply