Babak Baru Surat Suara Tercecer Bawaslu Tanah Datar Panggil Ketua KPU

Babak Baru Surat Suara Tercecer Bawaslu Tanah Datar Panggil Ketua KPU

- in Headline, News, POLITIK, TANAH DATAR
853
0
Batusangkar, bakaba – Tragedi surat Suara milik KPU Tanah Datar memasuki babak baru. Pasalnya hari ini Kamis (18/04) Bawaslu setempat sudah melakukan pemanggilan terhadap Ketua KPU terkait temuan surat suara tercecer di bawah Jembatan Salo Kampar Riau Minggu (14/04) lalu.
Ketua Bawaslu Tanah Datar Hamdan mengatakan dalam menelusuri surat suara tercecer  Bawaslu meminta keterangan KPU, kenapa surat suara itu sampai tercecer di Kampar.
“Kita sudah melakukan koordinasi dengan KPU Provinsi dan KPU Kampar sejak (14/04) lalu dan hari ini sudah memintai keterangan KPU Tanah Datar”, ujarnya.
Untuk menelusuri surat suara tercecer Ketua KPU Fahrul Rozi didampingi staf penerima barang sudah memberikan keterangan. Selanjutnya pihak Bawaslu juga akan melakukan pemanggilan terhadap pihak ekpedisi selaku pihak penyedia jasa pengiriman barang.
Lebih lanjut Hamdan mengatakan dalam mencari titik terang surat suara tercecer ini Bawaslu mencecer Ketua KPU dengan 34 pertanyaan sementara penyelidikan terhadap penerima barang dibantu oleh pihak Reskrim Polres Tanah Datar.
lebih Lanjut Hamdan mengatakan berdasarkan surat jalan tertanggal 9 April ada 8 jenis, tetapi hanya 5 yang turun, artinya ada selisih 3 yang tidak turun di KPU. Bawaslu juga melakukan investigasi untuk mengusut temuan surat suara tercecer ini.
“Investigasi ini penting untuk mengungkap penanggung jawab hal itu sehingga timbul kelalaian, apa di pihak KPU atau pihak lain”, ujar Hamdan.
Surat suara yang sampai di KPU Tanah yaitu surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, surat suara DPRD dapil Tanah Datar 1, DPRD Tanah Datar dapil 2, DPRD Tanah Datar dapil 3, dan DPRD Tanah Datar dapil 4. Sementara, 3 jenis surat suara yang tidak diterima oleh KPU Tanah Datar pada tanggal 9 adalah surat suara DPD RI daerah pemilihan Sumatera Barat, surat suara DPR RI daerah pemilihan Sumbar 1 dan surat suara DPRD Provinsi daerah pemilihan 6.
Sebelumnya ada surat suara milik KPU tercecer di bawah jembatan Salo, Kabupaten Kampar, Riau. Bawaslu Riau bersama pihak kepolisian masih menyelidiki atas temuan ini.
Kertas suara ditemukan 1 kodi tercecer di Kampar,Riau itu merupakan surat suara itu adalah surat suara Pemilu DPD RI dan DPR Dapil Sumatera Barat 1. Atas penemuan tersebut, warga melaporkan ke pihak terkait.
Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan Lubis menerima laporan soal kertas suara itu pukul 10.15 WIB. Tim kita langsung menuju ke lokasi. (TIA)

print

Leave a Reply