Wali Nagari Ajak Partisipasi Perantau Bangun Nagari Simabur

Wali Nagari Ajak Partisipasi Perantau Bangun Nagari Simabur

- in Headline, News, TANAH DATAR
0

TANAH DATAR, bakaba.net— Nagari Simabur Kecamatan Pariangan Tanah Datar mengelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) nagari ,Selasa (28/09/2021).

Dalam Musrenbang itu Wali Nagari Simabur Zul Bahri mengajak warganya, termasuk perantau membangun nagari, pasalnya karena terbatasnya anggaran yang tersedia di nagari.

“Nagari Simabur terkecil di kecamatan Pariangan, tentu ini perlu menjadi pemikiran bersama, terutama menyangkut pendapatan untuk peningkatan pembangunan,” katanya.

Alokasi APBN tahun anggaran 2022 sebesar Rp.1.407.642.000,-  rincian Alokasi Dana Nagari (ADN) Rp.635.568.000,- Dana Desa (DDS) Rp.742.016.000,- dan Dana Bagi Hasil Pajak (DBH) Rp.30.058.000,-

Keterbatasan anggaran akan berdampak terhadap pembangunan di Nagari, untuk itu Wali Nagari mengajak warga dan perantau membangun nagari, sehingga pembangunan tidak tertinggal dengan nagari lainnya.

Zul Bahri mengatakan kebersamaan, termasuk peran serta perantau, jika memberikan dukungan untuk membangun nagari tidak ada yang tidak bisa dibangun, karena pembangunan itu akan lebih maksimal, jika dipersamakan.

“Bagi masyarakat yang merasa kurang terlayani selama, entah itu akibat kurang baiknya pelayanan perangkat nagari, tolong sampaikan kepada kami dan jangan bicara di luar, karena hal tersebut tidak akan memperbaiki kondisi sebelumnya,” tutur Zul Bahri yang mengaku terbuka untuk kritikan asal saja ada solusinya.

Sementara Staf Ahli Bupati Tanah Datar Dr.Ermon Revlin, M.Ph dalam kesempatan tersebut mengharapkan masyarakat seayun selangkah membangun nagari, apa lagi dengan kondisi sekarang kondisi keuangan daerah maupun nasional banyak terkuras untuk penanganan Covid 19, jelas tak banyak dana yang bisa digunakan untuk pembangunan fisik.

Ikut memberikan sambutan dalam acara tersebut Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Saidani, SP dan Camat Pariangan Yetriwel, S.Sos yang pada dasarnya mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, meskipun Covid 19 sudah melandai. Dengan sudah semakin membaik, mudah-mudahan perekonomian juga semakin membaik.(TIA)

print

Leave a Reply