Tahun Keselamatan Berlalu-lintas Dicanangkan di Batusangkar

Tahun Keselamatan Berlalu-lintas Dicanangkan di Batusangkar

- in Headline, Olah Raga, Serimonial
1243
0

PBatusangkar, bakaba--Untuk mendukung dan menyukseskan agenda Pencanangan Tahun K:-Peselamatan untuk Kemanusiaan Tahun 2017 sekaligus menekan angka kecelakaan lalu lintas, Polres Tanah Datar melakukan lounching tahun keselamatan berlalu lintas di Batusangkar Minggu 5/8. Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas lansung memimpin Kegiatan lounching tahun keselamatan berlalu lintas untuk kemanusiaan tersebut.

Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Cindua Mato tersebut dihadiri oleh Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Ketua DPRD Anton Yondra SE, Kasdim 0307 Tanah Datar Mayor Inf. Hendra Arioko, seluruh OPD dilingkungan Pemkab Tanah Datar, Perwira Polri di lingkungan Polres Tanah Datar, anggota Polres Tanah Datar dan Byangkari.

Dalam sambutannya, Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas mengatakan, lounching tahun keselamatan belalu lintas untuk kemanusiaan diharapkan dapat menekan angka laka lantas sampai 50% pada tahun 2023 mendatang dan menjadi ikon kepekaan kepedulian dan belarasa untuk keselamatan demi semangkin meningkatnya kualitas hidup.

Saat ini di Kabupaten Tanah Datar rata-rata setiap harinya terjadi 1 kasus laka lantas yang didominasi oleh pelajar baik sebagai pelaku maupun korbannya. Sementara pelanggaran juga mengalami peningkatan termasuk peningkatan titik-titik kemacetan pada waktu dan tempat tertentu khususnya pada hari libur di sentral-sentral objek wisata dan pusat-pusat perbelanjaan.

Upaya meningkatkan keselamatan berlalu lintas baik itu dari sisi keamanan dan kenyamanan salah satunya dengan meningkatkan kerjasama dengan pemangku kepentingan yaitu lima pilar yang ada dalam instruksi presiden nomor 4 tahun 2013.

Kelima pilar tersebut yaitu, pilar pertama adalah manajemen keselamatan jalan yang bertanggung jawab dalam hal ini adalah kementerian perencanaan pembangunan nasional/kepala badan perencanaan pembangunan nasional, pilar kedua jalan yang berkeselamatan penanggung jawab kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat, pilar ketiga kenderaan yang berkeselamatan penanggung jawab kementerian perhubungan, pilar keempat adalah prilaku penguna jalan yang berkeselamatan penanggung jawab adalah Polri dan pilar kelima penanganan pra dan pasca kecelakaan yang bertangung jawab kementerian kesehatan.

. Ketua DPRD Anton Yondra SE dalam kata sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi Polres Tanah Datar yang sudah melakukan lounching keselamatan berlalu lintas untuk kemanusiaan. Hal ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat secara keseluruhan.

Menurut Anton Yondra Pencanangan hari bebas berkenderaan bermotor, pencanangan tahun keselamatan untuk manusia dan syukuran kabupaten layak anak merupakan rangkaian yang tidak bias dipisah-pisahkan karena ketiganya saling mendukung.

Berbicara mengenai Car Free Day atau lebih sering disingkat dengan sebutan CFD memang sedang mnjadi trend dibeberapa kota akhir-akhir ini. Kegiatan ini biasanya diselenggarakan dipusat kota seperti alun-alun atau taman tempat masyarakat sering berkumpul. Dan di kabupaten Tanah Datar di pusatkan di Lapangan Cindua Mato dan 5 zona sementara tujuan utama CFD ini adalah untuk membangun masyarakat yang sehat dengan mengurangi intensitas polusi udara yang ada di perkotaan.

Hari Bebas kendaraan bermotor atau dalam bahasa inggris disebut sebagai Car Free Day bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor dan mengurangi dampak efek pemanasan global warming yang berbahaya bagi kehidupan namun ada dampak lain yang lebih serius dan lebih berbahaya yaitu makin tingginya angka kendaraan bermotor.

Disamping itu orang tua yang biasanya sedikit gamang melepas anak-anaknya untuk beraktifitas di hari minggu di pusat kota batusangkar tidak perlu kuatir lagi tersenggol oleh kenderaan bermotor . pasalnya 5 zona ruas jalan dalam kota batusangkar sudah ditetapkan menjadi area car free day.

Dan dampak positif yang hadir dari penerapan car free day ini adalah tentunya jalanan yang lebih lenggang dan nyaman karena tidak ada kemacetan , dan tentunya kondisi kualitas udara yang berangsur membaik . salah satu indikator yang dapat dilihat dari membaiknya kualitas udara adalah menurunnya polusi debu . dan dampak lainnya adalah antusiasme masyarakat untuk berolahraga yang meningkat , ruas ruas jalan yang ditetapkan sebagai kawasan CFD akan selalu dipenuhi masyarakat yang berolahraga . mulai dari sekedar jalan kaki bersepeda bahkan tak jarang yang bermain bulu tangkis dan sepak bola , kondisi ini berdampak langsung kepada peningkatan kualitas kesehatan masyarakat .

Sementara itu Bupati Tanah Datar Indinasyah Tarmizi pada tahun ini akan menyulap lapangan cindua mato sebagi lapangan yang ramah anak. Anggaran untuk pembangunan nantinya di upayakan pada APBD Perubahan hal ini untuk mendukung Kabupaten Layak Anak di Luhak Nan Tuo.

Disamping itu Pada kesempatan tersebut Indinansyah Tarmizi mengatakan melakukan tilang bagi penguna jalan raya yang tidak lengkap surat-surat maupun tidak mengunakan hlem. Bagi orang tua yang takut anaknya terlambat sampai ke sekolah, sebaiknya anak-anak tersebut di antar ke sekolah. Memang saat ini sudah ada bus sekolah gratis, tapi hanya menempuh ruas-ruas tertentu. Untuk itu kedepannya akan di lakukan penataan ulang, agar angkot yang masih beroperasi melalui sekolah-sekolah yang ada di Tanah Datar. (TIA/MIT)

 

print

Leave a Reply