Prosesi Pilwana Terus Bergulir, 139 Balon Wali Nagari ikuti Seleksi

Prosesi Pilwana Terus Bergulir, 139 Balon Wali Nagari ikuti Seleksi

- in Headline, KABA NAGARI
953
0

Batusangkar, Bakaba–Sebanyak 139 orang Balon (Bakal Calon) Wali Nagari dari 19 Nagari pada 12 kecamatan di Kabupaten Tanah Datar mengikuti seleksi tes tulis dan wawancara dibeberapa tempat yang berbeda, Senin (7/8).

Pelaksanaan seleksi tersebut selain di Aula Kantor Bupati juga dilaksanakan di Aula Baperlitbang, Aula Inspektorat dan Aula Islamic Center. Seleksi ini dimaksudkan untuk menjaring Calon Wali Nagari, terutama bagi Nagari yang memiliki lebih dari 5 orang bakal calon wali nagari.

Seleksi yang diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana ini merupakan penjalanan amanat dari Perda Nomor 1 Tahun 2017 dan Perbup Nomor 23 tahun 2017.

“Dari seluruh bakal calon yang mendaftarkan diri pada Panitia Pemilihan Kabupaten yang berjumlah 276 orang, 139 orang bakal calon harus diseleksi karena jumlahnya lebih dari 5 orang. Seleksi ini untuk melihat karikatur, pendidikan dan pengalaman kerja bakal calon” : ungkap Enki Triananda, S.Ag Kasi Kelembagaan dan Kapasitas Perangkat Desa selaku PPTK Kegiatan Pilwana Serentak 2017.

Berdasarkan data yang dihimpun Bakaba.net ke 19 Nagari tersebut yang ikut seleksi diantara Nagari Jaho 6 bakal calon, Nagari Panyalaian 6 bakal calon (Kecamatan x Koto), Nagari Tanjung Barulak Batipuh 7 bakal calon; Nagari Sumpur Batipuh Selatan 6 bakal calon dan Nagari Batu Basa 7 bakal calon Pariangan.

Selanjutnya, Nagari Rambatan 8 bakal calon, Nagari Balimbiang 9 bakal calon (Kecamatan Rambatan); Nagari Saruaso 6 bakal calon, Nagari Tanjung Barulak 9 bakal calon (Kecamatan Tanjung Emas); Nagari Taluak 7 bakal calon, Nagari Pangian 8 bakal calon (Kecamatan Lintau Buo); Nagari Tanjung Bonai 7 bakal calon dan Nagari Lubuak Jantan 8 bakal calon (Kecamatan Lintau Buo Utara).

Sementara Nagari Sungayang 6 bakal calon, Nagari Gurun 6 bakal calon, Nagari Pasia Laweh 8 bakal calon); Nagari Supayang 6 bakal calon, Nagari Sumaniak 6 bakal calon (Kecamatan Salimpaung) serta Nagari Tanjung Alam sebanyak 13 bakal calon (Kecamatan Tanjung Baru).

Seleksi yang diadakan selama 2 hari pelaksanaan ini akan menguji pengetahuan Pancasila, UUD 1945, Agama, Adat, Pengaturan Umum dan pengetahuan tata pemerintahan. Sedangkan indikator penilaian seleksi ini 60% tes tulis, 20% wawancara, 20% kriteria lainnya.

Seleksi ini diketuai oleh Prof. DR. Sukry Iska, MA Rektor Pasca Sarjana IAIN Batusangkar (lemba unsur akademisi) beranggotakan DR. Rizal Datuak Kopiah (lembaga unsur akademisi), Basrizal Datuak Panghulu (lembaga unsur Adat) Musriadi Musanif (Wartawan Senior Singgalang). Tim juga beranggotakan lembaga unsur Pamong Senior Drs. Suhermen, Drs. Alfian Jamrah M.Si dan Drs. Armen Yudi, M.Si.

Hasil seleksi Tim ini nantinya akan diserahkan kepada Panitia Kabupaten pada hari Rabu tanggal 9 Agustus 2017. Panitia Kabupaten nantiny

print

Leave a Reply