Sholat Ied Digelar, Ribuan Umat Islam Padati Lapangan Cindua Mato Batusangkar

Sholat Ied Digelar, Ribuan Umat Islam Padati Lapangan Cindua Mato Batusangkar

- in Headline, ISLAMIC
372
0

Batusangkar, Bakaba—Ribuan umat Islam dari kota Batusangkar dan sekitarnya memadati lapangan Cindua Mato Batusangkar (25/6) guna melaksanakan sholat Idul Fitri 1438, dengan khatib Adrian Muis Khatib Saripado Ketua Muhamadiyah Sumbar dan imam Alfion guru SMA Negeri 3 Batusangkar.

Adrian Muis dalam khotbahnya mengatakan, paling kurang ada tiga efek yang ditimbulkan oleh takbir, pertama sebagai pengendali kegembiraan, sehingga takbir dapat berlangsung secara wajar. Pada saat diumumkan bulan Ramadhan telah berakhir dan bulan Syawal telah datang yang juga berarti hari raya telah tiba, maka kita umat Islam bergembira.

Umat Islam kemudian mengumandangkan takbir beramai-ramai, malah ada yang tumpah ruah sampai kejalan-jalan. Itu adalah kegembiraan yang terkendali, kegembiaraan yang tidak akan menimbulkan efek negatif.

Selanjutnya takbir juga dapat sebagai pengendali kesediahan, sehingga sedih tidak menimbulkan stress, snewen atau step. Ketika orang ditimpa musibah , toko terbakar, rumah hangus, petugas sibuk memadamkan api, sementara sipemilik tak dapat berbuat apa-apa, hanya menggabai-gabai tak tentu arah, lalu terdengar suara takbir ia menjadi ingat Allah dan dapat menenangkan jiwa.

Kemudian yang tak kalah pentingnya, takbir sebagai pembangkit semangat jihad, sehingga bertekad mengejar kemenangan dan keunggulan. Ketika zaman zaman perjuangan kemerdekaan, para pejuang mengumandangkan suara takbir, sehingga dapat memukul mundur para penjajah Belanda.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dalam kesempatan tersebut pada pokoknya menyampaikan prestasi yang telah diraih Pemkab bersama masyarakat Tanah Datar dalam berbentuk kegiatan, termasuk diantaranya meraih Piala Wahana Tata Nugraha setelah 20 tahun tak pernah diraih lagi.

Ikut memberikan sambutan dalam acara tersebut Ketua DPRD Anton Yondra, SE, hari raya Idul Fitri 1438 tahun merupakan berkah tersendiri bagai masyarakat Tanah Datar, karena ribuan perantau melakukan Pulang Basamo.

Biasanya, perantau ini akan banyak membantu warga, terutama dalam menghadapi tahun pelajaran 2017-2018.
Sementara itu, Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma selaku Ketua PHBI menyampaikan laporan keuangan sholat Idul Fitri dan sholat Idul Ada tahun lalu, sekaligus pendistribusiannya kepada masjid dan musholla disekitar kota Batusangkar.(WD)

print

Leave a Reply