Rumuskan Isu Aktual, Pemkab Tanah Datar Gelar Konsultasi Publik RKPD

Rumuskan Isu Aktual, Pemkab Tanah Datar Gelar Konsultasi Publik RKPD

- in Headline, News, TANAH DATAR
0

TANAH DATAR, bakaba.net — Pemkab Tanah Datar gelar konsultasi publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), Kabupaten Tanah Datar Tahun 2023, Kamis (03/02/2022).

Konsultasi publik yang dibuka lansung Bupati Eka Putra dibahas dibahas bersama kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan di aula kantor bupati setempat.

Konsultasi publik itu untuk merumuskan isu aktual yang nantinya akan dituangkan dalam bentuk program dan kegiatan.

“Forum ini dilakukan untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan dalam rangka penyusunan RKPD dalam bentuk diskusi merumuskan isu aktual yang bakal melahirkan program prioritas,” kata Bupati Eka Putra.

Dikatakannya lagi, hasil diskusi, saran dan masukan akan dirumuskan serta dituangkan dalam berita acara yang menjadi bahan perbaikan dalam menyusun rancangan awal RKPD.

“Forum ini juga termasuk salah satu tahapan penting sebelum dilaksanakannya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan, Forum Lintas Daerah dan Musrenbang RKPD Kabupaten,” katanya.

Memasuki tahun ke III Perencanaan Pembangunan ini, tambah Bupati Eka, tema pembangunan Kabupaten Tanah Datar 2023 telah diselaraskan dengan Rencana Kerja Pemerintah (SKP) Pusat dan arah kebijakan RMJMD Tanah Datar 2021-2026.

“Tema pembangunan masih disesuaikan dengan kondisi wabah Pandemi Covid-19 saat ini, yaitu Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi melalui Program Unggulan Daerah. RKPD diharapkan berperan strategis dan penting untuk memberikan arah dalam penyusunan program dan kegiatan,” ungkap Eka.

Kemudian yang terpenting sekali, sebut Eka lagi, perangkat daerah diminta memperhatikan dan menyelaraskan usulan program kegiatan sesuai Visi Kabupaten Tanah Datar 2021-2026.

“Organisasi Perangkat Daerah atau OPD harus selaras dengan Visi Terwujudnya Kabupaten Tanah Datar Madani Berlandaskan ABS SBK, kemudian juga memperhatikan isu strategis, prioritas dan tema pembangunan, sehingga nantinya target 10 Program Unggulan ataupun sasaran pembangunan yang telah ditetapkan dapat tercapai,” tukasnya. (TIA)

print

Leave a Reply