Forum RA RKPD Untuk Terima Masukan Multi stakeholder

Forum RA RKPD Untuk Terima Masukan Multi stakeholder

- in Headline, News, TANAH DATAR
0

bakaba.net, TANAH DATAR — Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mengelar forum konsultasi publik Rancangan Awal Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023, Kamis (03/02/2022).

Forum itu untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan dalam rangka penyusunan RKPD dalam bentuk diskusi merumuskan isu aktual yang bakal melahirkan program prioritas.

Hal itu dikatakan Bupati Eka Putra dalam kegiatan Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2023, di aula kantor Bupati di Pagaruyung.

Kegiatan itu untuk menindaklanjuti amanat Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 pada pasal 80 ayat 1, rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tanah Datar 2023 dibahas bersama kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan dalam Forum Konsultasi Publik.

Dikatakannya lagi, hasil diskusi, saran dan masukan akan dirumuskan serta dituangkan dalam berita acara yang menjadi bahan perbaikan dalam menyusun rancangan awal RKPD.

“Forum ini juga termasuk salah satu tahapan penting sebelum dilaksanakannya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan, Forum Lintas Daerah dan Musrenbang RKPD Kabupaten,” katanya.

Memasuki tahun ke III Perencanaan Pembangunan ini, tambah Bupati Eka, tema pembangunan Kabupaten Tanah Datar 2023 telah diselaraskan dengan Rencana Kerja Pemerintah (SKP) Pusat dan arah kebijakan RMJMD Tanah Datar 2021-2026.

Kemudian yang terpenting sekali, sebut Eka lagi, perangkat daerah diminta memperhatikan dan menyelaraskan usulan program kegiatan sesuai Visi Kabupaten Tanah Datar 2021-2026.

Sementara sebelumnya pelaksana kegiatan Adriyanti Rustam yang juga menjabat Sekretaris Baperlitbang Tanah Datar menyampaikan, pelaksanaan forum dimaksud untuk menyampaikan program prioritas dan pembangunan untuk menyamakan persepsi dan pemahaman tentang pedoman pembangunan 2023.

“Dengan menghadirkan dan diikuti secara langsung dan virtual dari berbagai unsur seperti pimpinan DPRD Provinsi Sumatra Barat, DPRD Tanah Datar, tim ahli perguruan tinggi, tokoh masyarakat, instansi vertikal, unsur organisasi, Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli,ketua TP PKK tim percepatan pembangunan, kepala OPD dan lainnya, forum diharapkan mampu menyamakan persepsi sehingga program dan kegiatan prioritas dan strategis bisa dihimpun untuk kajian selanjutnya,” terangnya.

Selepas acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan paparan dari Kepala Baperlitang Alfian Jamrah tentang aspek pencapaian makro pembangunan, arah kebijakan pembangunan RKPD Tahun 2023.

“Arah kebijakan program prioritas pembangunan Tanah Datar sudah diselaraskan dengan prioritas Nasional dan Provinsi Sumatra Barat, seperti Peningkatan Produksi dan produktivitas serta nilai tambah hasil pertanian, meningkatkan daya saing sektor pariwisata, meningkatkan kualitas dan pemerataan pelayanan dasar dan beberapa poin lainnya,” sampai Alfian.

Selanjutnya secara virtual pimpinan DPRD Tanah Datar diwakili Anton Yondra, tokoh masyarakat Tanah Datar seperti Fasli Jalal, Musliar Kasim, Azril Azhari, anggota DPRD Provinsi Sumbar Arkadius Dt. Intan Bano menyampaikan saran dan masukan sesuai keahlian bidang masing-masing, kesemuanya bertujuan untuk kemajuan dan kemaslahatan masyarakat Tanah Datar.

Selepas diskusi, Wakil Bupati Richi Aprian saat menutup kegiatan forum berharap, apa yang disampaikan berupa saran dan masukan akan dijadikan bahan penyusunan RKPD Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, ungkap Wabup, Richi Aprian. (TIA)

print

Leave a Reply