Pasca Idul Adha, Harga Cabai Turun, Petani Merugi

Pasca Idul Adha, Harga Cabai Turun, Petani Merugi

- in Headline, News, PAYAKUMBUH
0

PAYAKUMBUH, bakaba.net – Cabai Jawa membanjiri pasar tradisional di Sumatera Barat berdampak pada harga cabai pascalebaran Idul Ahda turun dratis.

Sebelumnya harga cabai di pasar Payakumbuh mencapai Rp.31.000 saat ini terjun menjadi Rp.20.000 satu kilonya. Hal itu tidak menguntungkan petani cabai lokal.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Payakumbuh, Edvidel Arda di Payakumbuh, Senin, mengatakan sebelum Idul Adha, Senin (19/7) harga cabai sebelum Idul Adha sempat, tapi satu minggu pasca lebaran harganya turun.

“Sedangkan untuk saat ini harga cabai yang dijual di pasar mencapai harga Rp20 ribu, harga cabai memang sempat naik sebelum Idul Adha kemarin,” ujarnya.

Ia mengatakan harga cabai Rp20 ribu ini merupakan harga yang terbilang rendah dan tidak terlalu baik untuk keuntungan petani.

“Harga yang baik itu Rp30 ribu karena dapat menguntungkan petani dan tidak terlalu memberatkan masyarakat,” kata dia.

Ia mengatakan salah satu penyebab turunnya harga cabai di Kota Payakumbuh karena cukup banyaknya masuk cabai dari Pulau Jawa.

“Semoga dalam waktu dekat harga cabai di Payakumbuh bisa kembali stabil dan menyentuh angka yang baik untuk petani dan masyarakat,” ujarnya.

Selain cabai, Edvidel mengatakan harga bahan pokok di Payakumbuh saat ini terhitung stabil dan masih berada di harga yang normal.

Sedangkan untuk harga satu kilogram bawang merah saat ini dijual dengan harga Rp28 ribu perkilogramnya dan masih sama dengan harga sebelumnya.

Untuk harga bawang putih di pasar dijual dengan harga Rp24 ribu perkilogramnya atau turun Rp1.000 dibanding Senin (19/7).

Harga beras juga masih stabil, untuk beras premium saat ini dijual Rp12.500 perkilogram Rp11.500 perkilogram untuk beras medium.

Selanjutnya untuk harga bahan pokok lainnya yang juga masih stabil, seperti daging sapi Rp120 ribu per kilogram, daging ayam Rp22 ribu per kilogram, telur ayam Rp1.400 per butirnya, gula pasir Rp13 ribu untuk satu kilogramnya.

“Alhamdulillah saat ini harga bahan pokok kita di Payakumbuh masih stabil, semoga harga terus stabil sehingga petani untung dan masyarakat tidak berat,” kata dia. (***)

print

Leave a Reply