Kuliner Legend Bakso Amin, Liburan Lebaran Tiap Hari Habiskan 50 Kilo Daging Segar

Kuliner Legend Bakso Amin, Liburan Lebaran Tiap Hari Habiskan 50 Kilo Daging Segar

- in Headline, News, PADANG PANJANG
0

bakaba.net, PADANG PANJANG — Bakso menu yang tak akan lekang oleh waktu apalagi digerus Resolusi Tahun Baru. Bahkan, hampir disetiap sudut di Nusantara sangat gampang menemui kedai berjualan bakso.

Bicara bakso selalu menjadi idola segala usia. Mana ada anak yang tidak suka bakso?

Bahkan, penganut vegetarian masih memaksakan rupa bakso sekalipun isinya tepung berisi sayur cincang tanpa daging apa pun.

Di dunia, mungkin hanya negara-negara Balkan dan Eropa Utara yang hampir tidak mengenal bakso.

Tetapi seorang ilmuwan bule yang sedang survei pangan lokal di negri ini menyebut Bakso ‘pangan nasional.

Berbicara tentang Bakso di Sumatera Barat belumlah lengkap bila tidak membicarakan bakso Amin yang berada di kota Padang Panjang.

Selama libur Lebaran, Bakso Amin dibanjiri pembeli dari para perantau dalam dan luar Kota Padang Panjang.

Andi (42), anak dari Pak Amin pemilik warung bakso legendaris itu, mengatakan, Senin (09/05/2022), omzet mereka selama Lebaran ini naik drastis dari pada hari biasa.

“Alhamdulillah, selama Lebaran ini sekitar 50 kg daging habis dalam satu hari. Banyak perantau yang datang kemari dibandingkan hari biasa. Biasanya hanya 15 kg dan hanya pembeli lokal yang banyak ke sini,” ujarnya.

Andi juga menceritakan, harga bakso yang dijualnya saat ini biasanya semangkok Rp 15 ribu, sekarang naik Rp 1.000, baik itu mie ayamnya, baksonya dan minuman teh botolnya.

“Harga kami naikkan seribu dari sebelumnya, bukan karena Lebaran. Namun memang mahalnya bahan pokok yang membuat kami menaikkan harga. Seperti minyak goreng naik, daging naik, makanya kami naikkan harganya,” ceritanya.

Namun demikian, Andi bersyukur para perantau dan pemudik masih banyak singgah di sini dan mereka banyak yang merindukan rasa Bakso Amin ini.

“Semoga ini tetap bertahan, kalau bisa meningkat. Saya berterima kasih karena masih banyak masyarakat yang rindu Bakso Amin,” tuturnya.

Ras (33), seorang pembeli yang sedang menyantap Bakso Amin, mengaku jauh-jauh dari Kayu Tanam hanya untuk pergi makan Bakso Amin.

“Saya ke sini memang sengaja pergi beli bakso ini, walau banyak bakso di Kayu Tanam. Di Padang Panjang, saya tetap memilih Bakso Amin karena rasanya khas. Bumbunya terasa enak dan benar-benar puas makan baksonya,” sebutnya. (***)

print

Leave a Reply