Ketua DPRD Ronny Mulyadi Dt. Bungsu, Pimpin Rapat Paripurna Pembahasan 3 Ranperda

Ketua DPRD Ronny Mulyadi Dt. Bungsu, Pimpin Rapat Paripurna Pembahasan 3 Ranperda

- in Headline, News, TANAH DATAR
0

TANAH DATAR, bakaba.net — Pembahasan  Tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang disampaikan Bupati Eka Putra sudah masuk tahap pemandangan umum fraksi DPRD Tanah Datar Senin, (11/10/2021).

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Tanah Datar, Ronny Mulyadi Dt. Bungsu didampingi Wakil Ketua, Saidani dan Anton Yondra,serta anggota DPRD.

Bupati Eka Putra terlihat lansung  rapat paripurna bersama Forkopimda, Ketua Pengadilan Tinggi Negeri dan Ketua Pengadilan Agama Batusangkar, Asisten, Staf Ahli, dan Pimpinan OPD.

Ranperda yang dibahas itu yaitu Tata Ruang dan Tata Wilayah, Pembentukan dan Susunan Pemerintah Daerah, serta Retribusi Perizinan Tertentu.

Tujuh fraksi yang menyampaikan pandangan umum masing-masing fraksinya, Fraksi Perjuangan Golkar disampaikan Herman Sugiarto, jurubicara Gerindra denganbicara Kamrita, Fraksi PKS oleh Nursal, dan Fraksi Demokrat Donna.

Fraksi Hanura disampaikan oleh Muhammad Haekal, Nasdem oleh jurubicara Khairul Abdi, PPP disampaikan oleh Arianto, serta dari partai PAN Ali Muhar St.Tunaro.

Kamrita dari Fraksi Gerindra dalam pandangan umum menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi langkah pemerintah atas upaya pemekaran Badan Keuangan Daerah.

Namun sebutnya, pemerintah Daerah Tanah Datar harus memperjelas pembagian tugas dan fungsi organisasi perangkat daerah (OPD), terkait dengan perubahan badan keuangan daerah tersebut.

Disamping itu Pemda Tanah Datar perlu melakukan kajian yang lebih dalam dan luas, dimana dengan penambahan OPD ini tentunya akan menambah belanja pegawai pada APBD yang saat ini kurang mencapai angka 50% dari APBD, tulisnya.

Fraksi Hanura dengan jurubicara Muhammad Haekal juga menyampaikan kepada partainya untuk mengetahui perkiraan peningkatan pendapatan terutama sekali dalam rangka memaksimalkan pendapatan daerah dari pajak dan retribusi daerah.

Sementara Fraksi Perjuangan Golkar, Herman Sugiarto menyampaikan pandangan umum tentang Ranperda Pembentukan Dan Perangkat Daerah mempertanyakan azas efisiensi, efektivitas, potensi, urusan pemerintahan daerah dan pembagian tugas serta Tata kerja yang jelas dan fleksibel.

Herman Sugiarto juga mempertanyakan tentang kompetensi perangkat yang duduk disana, terutama mengenai teknis, manajerialnya, serta sosial budaya.

\\aSidang akan dilanjutkan sesi III yakni tanggapan dan jawaban Bupati Tanah Datar atas pandangan umum Fraksi Fraksi di DPRD (TIA)

print

Leave a Reply