Jalan Rusak Masyarakat Resah

Jalan Rusak Masyarakat Resah

- in Headline, OPINI
0

Yelvika Marzelia

Mahasiswa Sosiologi Agama IAIN Bukittinggi

Jalan adalah sarana transportasi darat yang meliputi segala sesuatu bagian area darat yang berfungsi sebagai penghubung suatu wilayah ke wilayah lain.

Oleh karena itu jalan sangat penting bagi mobilitas baik sosil maupun ekonomi, jika kondisi jalan tidak bagus atau mengalami kerusakan maka mobilitas masyarakat akan terganggu dengan kondisi jalan yang tidak memadai. Sehingga menyebabkan kegiatan sosial dan roda perekonomian terganggu.

Menurut UU republik Indonesia No.38 tahun 2004 tentang jalan. Jalan desa dalam ayat (1) yaitu merupakan jalan umum yang menghubungkan antara kawasan atau permukiman di dalam desa. jalan sangat penting bagi masyarakat karna sarana transportasi yang bagus membuat masyarakat juga senang memalui jalan tersebut.

Kondisi jalan saat ini

Dalam suatu desa jalan sangatlah penting bagi masyarakat, jika jalan dalam suatu desa tidak memadai untuk dilewati maka masyarakatnya juga akan merasa resah karna jalan yang dilalui tiap harinya rusak.

Jalan yang berada di Nagari Sialang Gaung, merupakan jalan utama penghubung antara desa Blok D, Tiumang, Blok C, Blok B Dan Koto Baru. Jalan yang berada di Nagari Sialang Gaung ini sudah lama rusak sekitar tiga tahun kurang lebih, yang kurang diperhatikan oleh pemerintahan Nagari.

Pada saat musim panas jalan yang penghubung desa Blok D, Tiumang, Blok C, Blok B Dan Koto Baru, ini saat dilalui debu berterbangan dimana-mana yang membuat mata sakit karna debu masuk ke mata.

Jika perubahan cuaca ke musim penghujan maka masyarakat yang melalui jalur tersebut akan mengalami kesulitan dikarnakan pada umumnya lobang dimana-mana.

Pada saat hujan turun lobang tersebut akan digenangi air dan menjadi banjir setempat diarea jalan yang rusak, masyarakat mengalami kesusahan untuk melewati jalur tersebut sehingga aktivitas menjadi terhambat.

Rusaknya jalan yang berada di Nagari Sialang Gaung ini awalnya tidak menagalami kerusakan dan tidak ada lubang dimana-mana.

Jalan yang berada di Nagari Sialang Gaung ini mulai mengalami kerusakan karna seringnya dilalui oleh angkutan berat, yang membuat jalan makin hari semakin bertambah rusak. Dan kurangnya perhatian atau kepekaan dari pemerintah Nagari Sialang Gaung, Dharmasraya terhadap kondisi jalan yang membuat masyarakat resah karena kondisi jalan yang tidak memungkinkan untuk dilewati setiap harinya.

Jika saja perhatian pemerintah terhadap rakyatnya lebih diutamakan pasti jalan penghubung satu-satunya antara desa Blok D, Tiumang, Blok C, Blok B Dan Koto Baru, ini tidak akan mengalami kerusakan yang semakin hari semakin parah. Dan tidak ada perkembangan dari pemerintah daerah untuk memperbaiki jalan penghubung antara desa Blok D, Tiumang, Blok C, Blok B Dan Koto Baru ini. (***)

print

Leave a Reply