Irjen Kemenkumham RI Razilu, “Rupajang Sangat Luar Biasa”

Irjen Kemenkumham RI Razilu, “Rupajang Sangat Luar Biasa”

- in Headline, NASIONAL, PADANG PANJANG
0

PADANG PANJANG, bakaba.net —Inspektur Jendral (Irjen) Kemenkumham RI Ir.Razilu,M.Si, GCAE apresiasi Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Padang Panjang. Pasalnya inovasi-inovasi yang dilakukan Karutan belum pernah ditemukan di tempat lain.

“Rupajang sangat luar biasa, banyak hal yang belum saya temukan ditempat lain dan ini akan saya laporkan ke Pak menteri, dan Dirjen Lapas kalau memunkimkan dapat ditiru ditempat lain,” kata Irjen Razilu, Sabtu (29/01/2022).

Irjen Razilu saat berkunjung ke Rutan yang lebih dikenal dengan Rupajang ini sangat terkesan dengan penataan dan pemanfaatan ruang di Rutan itu, mesti kecil tapi multifungsi.

“Rupajang minimalis tapi multifungsi. Satu ruang yang tidak terlalu besar dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan warga binaan,” ujar Irjen Razilu

Irjen Razilu melanjutkan, satu ruang di Rupajang dimanfaatkan warga binaan yang disebut santri untuk aktifitas ibadah, olahraga, aula, bioskop, tempat bermain anak, ruang menyusui serta ruang bagi warga binaan dan keluarga melakukan kunjungan secara digital.

Ia juga memuji inovasi Ka Rutan Rudi Kristiawan yang menyediakan tempat kunjungan tatap muka, tetapi dengan jarak yang diatur sesuai protokol kesehatan.

“Saat ini belum dibolehkan kunjungan lansung, tapi Rupajang membuat inovasi yang tidak melanggar aturan itu karena jarak antara keluarga cukup jauh tidak berhadapan secara lansung itu bisa
mengobati luka dari keluarga dan anak mereka disini,” ujar Irjen Razilu.

Ia mengatakan, hampir dua tahun keluarga dan warga binaan tidak bisa bertemu tatap muka, karena pandemi Covid 19, inovasi Rupajang bisa mengobati kerinduan itu, meski ada sosial media tetapi akan berbeda saat berhadapan lansung.

“Itu yang akan saya sampaikan ke Jakarta dan banyaj lagi yang lainnya,” kata Irjen.

Dalam kunjungan Irjen) Kemenkumham RI Ir.Razilu,M.Si, GCAE didampingi lansung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar R Andika Dwi Prasetya bersama Kadivpas M Ali Syeh Bana.

Selain memberikan apresiasi kepada Kepala Rupajang dan jajaran Kanwil Kemenkumham Sumbar. Razilu juga meminta WBP untuk terus meningkatkan kemampuan sebagai bekal, setelah kembali ke masyarakat.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar R Andika Dwi Prasetya menyebutkan, dalam kunjungan Irjen Kemenkumham RI ke Sumatera Barat, untuk mengunjungi dan melihat langsung kondisi di lapangan.

“Alhamdulilah, dalam kunjungan hari kedua ini, bapak Irjen sangat puas dengan pelayanan yang dilakukan oleh UPT-UPT dibawah Kanwil Kemenkumham Sumbar,”ungkapnya. (TIA/Erik Fernando)

print

Leave a Reply