Grand Opening TdS 2017, Pembalap Internasional Serbu Istano Basa Pagaruyung

Grand Opening TdS 2017, Pembalap Internasional Serbu Istano Basa Pagaruyung

- in Headline, Olah Raga
1314
0

Batusangkar, Bakaba—Ratusan pembalap Internasional dari 20 negara di Dunia akan menyerbu Istano Basa Pagaruyung Kabupaten Tanah Datar Sumbar, setelah kawasan tersebut ditunjuk sebagai Grand Opening dan Grand Start pelaksanaan TdS (Tour de Singkarak) tanggal 17 dan 18 Nopember 2017.

Demikian dikemukakan Kepala Dinas Parpora (Pariwisata, Pemuda dan Olahraga) Tanah Datar melalui Kabid Ekonomi Kreatif Yendri Adi Saputra, SH didampingi Kasi Pengembangan Produk Ekonomi Kreatif Efrison, SE ketika menjawab pertanyaan di ruang kerjanya, Kamis (26/10) sehubungan dengan akan digelarnya TdS 2017.

Kegiatan acara pembukaan Jumat (17/11) pagi diawali dengan Gowes Jelajah Budaya Batusangkar-Istano Basa Pagaruyung, kemudian dilanjutkan dengan makan bajamba di Istano Basa jam 19.00 s/d jam 20.00 WIB. Masih ditempat yang sama, kegiatan dilanjutkan dengan Grand Opening Tour de Singkarak hingga jam 23.00 WIB.

Efrison menjelaskan, start etape I Tour de Singkarak 2017 baru akan dimulai Sabtu (18/11) di depan Istano Basa Pagaruyung menuju kota Padang. Rute yang ditempuh melewati Pasar Batusangkar-Koto Panjang-Tigo Batua-Sungai Tarab-Sijangek-Pasar Batusangkar-Pariangan-Kubu Karambia-Padang Panjang-Lembah Anai-Sicincin-Lubuak Aluang dan berakhir di Padang.

Selanjutnya, para pembalap kembali akan melewati Kabupaten Tanah Datar pada etape 4 Solok-Payakumbuh, Selasa (21/11). Start di Dermaga Singkarak-Kacang-Ombilin-Rambatan-Pasar Batusangkar-Sungai Tarab-Tabek Patah-Baso-Piladang dan berakhir di Ngalau Payakumbuh.

Sementara untuk etape 7 Tour de Singkarak 2017 juga melewati sebahagian wilayah Kabupaten Tanah Datar, terutama dari 50 Kota menuju Padang Panjang Jumat (24/11). Rute yang dilalui mulai dari Lembah Arau-Kelok Sembilan-Tanjung Pati-Payakumbuh-Piladang-Baso-Bukittinggi-Padang Luar-Koto Baru-X Koto dan berakhir di Padang Panjang.

Menurut Efrison, kegiatan Tour de Singkarak 2017 diikuti sekitar 250 pembalap dan official dari 20 negara. Kita berharap ratusan pembalap yang mewakili Negara masing-masing akan bercerita banyak tentang budaya dan pariwisata Tanah Datar. Pada acara Grand Opening akan dihibur oleh artis ibukota Arman Maulana dan penyanyi Luhak Nan Tuo.(WD)

print

Leave a Reply