Festival Baluluak Bajarami diawali Dengan Meniup Pupuik Batang Padi

Festival Baluluak Bajarami diawali Dengan Meniup Pupuik Batang Padi

- in Headline, News, TANAH DATAR
0

TANAH DATAR, bakaba.net – Pupuik batang padi akan menandai dimulainya festival baluluak bajarami di Nagari Kumango Kecamatan Sei Tarab Tanah Datar.

Pupuik batang padi merupakan salah satu alat musik tiup asal Minangkabau yang dibuat dari batang padi yang sudah tua dan berbuku.

Alat musik tradisional itu sudah menjadi hiburan masyarakat Minangkabau khususnya usai pelaksanaan panen.

“Festival baluluak bajarami akan diawali dengan meniup pupuik batang padi”, ujar Iis Zamora Putra Wali Nagari Kumango jelang pelaksanaan festival.

Ia mengatakan membuat pupuik batang padi sangat sederhana dengan memilih batang padi yang sudah tua dan dipecah pada dekat pangkal bukunya.

Pecahan batang itu akan membentuk semacam pita suara yang menjadi sumber bunyi. Jika ditiup, pita suara itu akan mengeluarkan bunyi yang melengking.

Untuk membuat suaranya semakin melengking, batang padi dapat disambung pada lintingan daun pandan atau kelapa yang membentuk corong seperti terompet.

Festival baluluak bajarami akan digelar selama dua hari yang dimulai pada Sabtu (17/09/2022).

Iis Zamora Putra mengatakan Kamis (15/09), sejumlah pertunjukan seni budaya di Nagari itu.

Pertunjukan seni dan budaya yang akan ditampilkan di festival baluluak bajarami diantaranya pawai alegoris, pertunjukan mairiak padi zaman dulu, baluluak bajarami fashion, tari galuak, silek kumango.

Selanjutnya makan bajambah yang diiringi tari piriang, main layang-layang, sepak api, silek baluluak dan stan UMKM. (***)

print

Leave a Reply