Dapat Berkah, Keltan Sawah Darek Gurun Terima Mesin Bajak Pokir PKS

Dapat Berkah, Keltan Sawah Darek Gurun Terima Mesin Bajak Pokir PKS

- in Headline, News, TANAH DATAR
0

TANAH DATAR, bakaba.net — Dekminil Anggota Legislatif DPRD Kabupat Tanah Datar kunjungi Kelompok Tani Sawah Darek Nagari Gurun Kecamatan Sei Tarab Tanah Datar.

Kelompok Tani Sawah Darek itu mendapatkan keberkahan yang banyak belakangan ini, buah dari kekompakan yang terjalin dan kerjasama yang baik dengan berbagai pihak, kelompok ini dipercaya untuk menerima salah satu program pemerintahan propinsi, yaitu Alsintan Mesin Bajak.

Mesin Bajak tersebut merupakan dana pokok-pokok pikiran Anggota DPRD Propinsi Sumatera Barat, Budiman, MM Dt. Malano Garang. Kelompok Tani Sawah Darek adalah salah satu dari 30 kelompok se-Kabupaten Tanah Datar.

Penyerahan langsung oleh Bapak Budiman didampingi Bupati Tanah Datar di Halaman Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Darat di Pagaruyung.

Dalam rangka menindak lanjuti program tersebut, kelompok tani Sawah Darek kembali mengadakan pertemuan guna membicarakan langkah-langkah pemanfaatan program pemerintah tersebut, agar dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan kelompok.

Alhamdulillah program reses Dekminil Aleg DPRD Kabupaten Tanah Datar membantu kelompok untuk merealisasikan pertemuan tersebut.

Program yang dilaksanakan Dekminil sejak hari Jum’at yang lalu, alhamdulillah bisa dibawah ke Nagari Gurun pada hari Senin Tanggal 26 Juli 2021.

Dalam sambutannya Dekmiil berpesan, agar program-program yang sudah disalurkan Budiman dapat menjadikan kelompok Tani Sawah Darek memperoleh keberhasilan, sehingga keberhasilan ini bisa menginspirasi kelompok-kelompok tani yang lain khusunya di Nagari Gurun.

Sebagai Aleg DPRD Kabupaten Tanah Datar, Bapak Dekminil juga berkomitmen akan mendukung sektor pertanian, berhubung saat ini beliau juga diamanahkan sebagai ketua KTNA Kabupaten Tanah Datar. KTNA merupakan sebuah wadah bagi para petani yang ada di Tanah Datar.

Sementara itu Andri Ashari, M. Kom seorang tokoh muda Tanah Datar, turut hadir dalam pertemuan kelompok tersebut.

Beliau yang juga sekarang mendapat amanah sebagai Sekretaris DPD PKS Tanah Datar menyampaikan bahwa apa yang diperoleh oleh petani saat ini adalah merupakan haknya.

Dan partai politik, khususnya PKS akan senantiasa memberikan masyarakat wawasan dan pendidikan politik agar semakin memahami hak dan kewajiban sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Andri menyayangkan, sebenarnya sudah banyak program yang disalurkan kepada masyarakat, namun masih sedikit porsentasi yang dikatakan berhasil.

Untuk itu kelompok Tani Sawah Darek mesti memberikan keteladanan kepada kelompok yang lain dalam hal keberhasilan menegelola program bantuan yang ada.

Seorang tokoh masyarakat lainnya Elmas Dafri yang berhasil diwawancarai oleh tim, menyampaikan perasaan bahagia dan bangga atas kepercayaan yang diberikan kepada masyarakat Nagari Gurun.

Tentu ini merupakan amanah yang harus dipertanggung jawabkan dunia dan akhirat. Beliau berharap, bimbingan dan arahan yang diberikan pemerintah dalam hal ini melalui PKS dapat dilaksanakan untuk jangka selanjutnya, bukan untuk saat ini saja.

Masyarakat sering mendengar, bahwa program-program pertanian banyak diperjuangkan oleh PKS baik oleh anggota Dewan yang ada dipusat, propinsi maupun daerah.

Apalagi masyarakat Sumatera Barat hari ini mempercayakan kepemimpinan Daerah kepada PKS, tentu dengan harapan, sektor pertanian sebagai sektor yang akan mendapatkan perhatian yang cukup baik.

Peran PPL Nagari Gurun tentu sangat signifikan dalam pendampingan kelompok. Diharapkan komunikasi yang intens antara kelompok dengan PPL akan menjadi penentu keberhasilan dimasa-masa yang akan datang.

Lima puluh orang anggota yang hadir di Jorong Ampalu Nagari Gurun, saat ini tentu perlu menyamakan visi untuk maju bersama. Dan perlu meyakinkan diri bahwa bergerak di sektor pertanian dapat menjadikan kita kaya dan sejahtera.

Ir. Yamunel sebagai PPL Nagari Gurun berpesan bahwa bila kelompok ini dapat menunjukkan keberhasilan, maka program pemerintah yang lain baik berupa alat pertanian, bibit, pupuk dan jaminan pemasaran akan diperjuangkan oleh pemerintah. (fm)

print

Leave a Reply