Bukittinggi Tingkatkan Kesiagaan Pasca Terdeteksi Warga Terpapar Covid 19 Varian Omicron

Bukittinggi Tingkatkan Kesiagaan Pasca Terdeteksi Warga Terpapar Covid 19 Varian Omicron

- in BUKITTINGGI, Headline, News
0

BUKITTINGGI. bakaba.net –– Kota Bukittinggi meningkatkan kesiagaan pasca terdeteksi warga kota itu terpapar virus Covid 19 varian Omicron.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun bakaba.net, 30 warga di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat terdeteksi positif COVID-19 dengan varian Omicron.

Dua orang diantaranya menjalani perawatan di rumah sakit sedangkan sisanya melakukan isolasi mandiri.

“Sampai hari ini dalam catatan kami sudah mencapai 30 pasien teridentifikasi Omicron, ada dua yang dirawat dan sisanya isolasi mandiri,” ujar Sekretaris Kota Bukittinggi, Martias Wanto di Bukittingggi, Rabu.

Martias Wanto mengatakan dengan kondisi itu, Kementerian Dalam Negeri menetapkan status PPKM Level 3 di Kota Bukittinggi saat ini.

“Dari laporan petugas, memang sudah ditemukan varian Omicron, kami terapkan siaga terus, akan ada rapat dengan Forkopimda khusus membahas masalah ini secepatnya,” ujarnya.

Menurutnya sesuai dengan instruksi Mendagri, warga diminta untuk jangan panik tapi perlu waspada.

“Tentu lebih baik tidak terkena sama sekali, walaupun Omicron tidak seganas varian sebelumnya,” imbuhnya.

Guna mengantisipasi lonjakan kasus, Martias Wanto menyebut pihaknya sudah merumuskan beberapa langkah antisipatif.

“Wali Kota Erman Safar sudah meminta agar RSUD dan tenaga kesehatan semakin siap dalam kemungkinan terburuk, semua akan dicek kesiapannya,” ujarnya.

Ia menambahkan, Pemkot dan jajaran Forkopimda Bukittinggi sebelumnya terkonsentrasi ke proses vaksinasi dan diproyeksikan tenaga kesehatan akan dipersiapkan dengan baik untuk mengantisipasi penyebaran virus.

“Kalau perlu akan ada razia atau pengetatan, nanti sebelum eksekusi kita rapatkan dulu dan diinformasikan kepada seluruh warga,” kata Martias Wanto menutupi. (***)

print

Leave a Reply