Bermula Demam Panas, Akhirnya Bocah Malang Sifa Alami Kebutaan

Bermula Demam Panas, Akhirnya Bocah Malang Sifa Alami Kebutaan

- in Headline, KABA NAGARI, Peristiwa
720
0

Batusangkar, Bakaba–Syaidah Fajriah (8 th) anak dari Afriyon dan Deswita yang berdomisili di Jorong Darek Nagari Simawang Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar mengalami kehilangan penglihatan (kebutaan) mendadak, setelah sebelumnya menderita demam panas, sementara ia berasal dari keluarga tergolomg tidak mampu.

Bocah perempuan yang duduk di Kelas 2 Balai Gadang Simawang dikenal panggilan Sifa diketahui orang tuanya tidak bisa melihat ketika mengalami demam panas Rabu 20 Desember 2017 lalu, ketika akan makan siang tidak dapat melihat sambal dan nasi di lantai rumahnya.

Ketika ditanya orang tuanya si anak tidak dapat melihat sambal dan nasi yang akan dimakan. Orang tua heran langsung curiga, namun tidak langsung membawa ke RS karena tidak punya biaya namun hanya berusaha berobat ke Puskesmas pembantu dan ke salah seorang tetangga dan dikatakan kena orang halus.

Namun beberapa hari kemudian, justeru anaknya tidak ada perubahan dan setiap apa saja benda yang dilihatkan dijawab Sifa tidak nampak walau tidak ada keluhan sakit dimatanya kelihatan normal.

Ketua DPP Simawang Saiyo M. Nur Idris begitu mengetahui lewat media sosial ada warga di kampung menderita gangguan kesehatan langsung bersama anggota DPRD Tanah Datar Alimuhar Sutan Tunaro melihat Sifa kerumahnya, Senin (8/1).Didampingi Wali Nagari Simawang Simawang E. Dt Rajo Muyang, Sekretais Nagari, Wali Jorong Darek Firman.

Setelah berdialog tentang kronologis musibah yang menimpa Sifa serta melihat kondisi rumah yang memang keluarga tidak mampu. DPP Simawang Saiyo mengambil inisiatif membawa Sifa ke RSUD Padang Panjang untuk pemeriksaan dokter.

Dari pemeriksaan dokter ahli mata dan syaraf diperkirakan Sifa mengalami ganguan syaraf yang mengakibatkan gangguan penglihatan. Dokter menyarankan bawa ke RS yang lebih besar seperti RS M. Jamil Padang.

“Kami melihat karena Sifa keluarga tidak mampu dan belum punya kartu BPJS/KIS maka kami minta dirujuk dulu ke RSAM untuk Tes Scand Kepala. Nanti kalau Wali Nagari dalam saktu 14 hari siap urus BPJS/KIS baru dibawa ke RS M. Jamil Padang,” tutur M.Nur Idris.

Ia khawatir, terhadap kondisi Sifa yang pintar dan cantik ini akan mengalami gangguan penglihatan selamanya tentu akan menyulitkan bagi dirinya untuk melanjutkan pendidikan. Kepada warga Simawang dan warga Sumbar, M.Nur Idris berharap kiranya dapat membantu meringankan beban orang tuanya.

Bagi yang mau menyumbang bisa lewat Rekening Bapak Jorong Darek An. FIRMAN di BRI NO : 546101013050536 atau Rekening kami an. M. Nur Idris BRI No: 023101000589562. Mari bantu Sifa jangan sampai buta.(WD)

print

Leave a Reply