BBPOM Padang, Temukan Sarden Mengandung Cacing di Batusangkar

BBPOM Padang, Temukan Sarden Mengandung Cacing di Batusangkar

- in EKONOMI, Headline, KABA, TANAH DATAR
560
0

Batusangkar, bakaba – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang menemukan 124 Kaleng Sarden merek HOKI yang di duga mengandung cacing di Batusangkar Tanah Datar. Dari tiga merek sarden hanya HOKI yang beredar di Batusangkar. Sementara sarden merek Farmer’ Jack dan 10 tidak ditemukan tim BBPO Padang.

Hal tersebut dikatakan Antoni Asdi Kepala Bidang Pemeriksaan dan Penyidikan BBPOM Padang menjawab bakaba.net Jum’at (23/03)

Sebanyak 123 Sarden merek HOKI ditemukan di pasar Batusangkar sementara sementara satu kaleng lainnya ditemukan di Lintau. Berdasarkan informasi dari pedagang, sarden tersebut dibeli dari Payahkumbuh.

“Sarden HOKI dibeli pedagang dari Payahkumbuh, dan kita sudah amankan dan meminta distributor menarik kembali”, ujar Antoni. Satu kaleng yang ditemukan di Lintau merupakan stok lama tambahnya.

Menurut Antoni monitoring yang dilakukan di Kabupaten Tanah Datar berdasarkan informasi ada sarden yang diduga mengandung cacing dan berasal dari Payahkumbuh beredar Batusangkar. Berdasarkan info tersebut BBPOM lalu melakukan monitoring di Tanah Datar dan menemukan 124 kaleng sarden HOKI.

Selama tiga hari berada di Kabupaten Tanah Datar BBPOM juga melakukan monitoring terhadap obat-obatan dan kosmetik. (TIA)

print

Leave a Reply