Baturraden Sulap Lurah Jadi Taman Surga dan Pundi-Pundi Daerah

Baturraden Sulap Lurah Jadi Taman Surga dan Pundi-Pundi Daerah

- in Headline, KABA WISATA, PARIWISATA
908
0

Liputan : Wirmas Darwis, SE

Objek wisata Baturraden Kabupaten Banyumas terkenal sebagai destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi di Jawa Tengah. Kawasan loka wisata Baturaden yang dulunya sebuah lurah terletak tepat di kaki Gunung Slamet, sebuah gunung tertinggi di Provinsi Jawa Tengah. Sejak Pemkab Banyumas menaruh perhatian yang cukup besar terhadap lokasi ini, kini lurah tersebut sudah menjadi Taman Syurga.

Berkunjung ke objek wisata ini memang cukup mengasyikkan sekali, disamping mudah dijangkau, karena ditunjang oleh sarana dan prasarana transportasi memadai, di kawasan ini juga memiliki keadaan udara yang cukup bersih dan sejuk, bahkan cenderung sangat dingin di saat malam hari.

 

Dengan panorama alamnya yang indah, kawasan wisata Baturaden dikenal banyak kalangan penikmat perjalanan sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah yang favorit.

Saat Anda berada di kawasan wisata Baturaden, Anda dapat menyaksikan kota Purwokerto dari ketinggian, juga Pulau Nusa Kambangan serta sejumlah pantai berpanorama indah di Cilacap. Tidak hanya itu, Anda dapat mengunjungi sejumlah spot wisata Baturaden yang menarik, di antaranya mulai dari Pancuran Pitu, Wana Wisata, Taman Bitanin hingga Teater Alam Baturaden.

Taman Bitanin di Baturaden adalah taman yang memiliki sejumlah tanaman dan bunga yang tergolong langka, misalnya bunga Havana, Daun Dewa, Antarium Lipstick, Palem Paris, dan Widoro Laut.

Selain keindahan alamnya, Aneka kegiatan wisata Baturaden juga menyimpan legenda rakyat dalam kisah Lutung Kasarung yang sangat terkenal. Legenda Lutung Kasarung adalah cerita rakyat yang berangkat dari keadaan di Baturaden. Inilah sebab mengapa legenda Lutung Kasarung menjadi bagian yang tak terpisahkan dari profil wisata Baturaden di Jawa Tengah.

Seperti di Tanah Datar di areal wisata Baturaden juga terdapat tempat pemandian air panas, ini mungkin sesuatu yang Anda ingin kunjungi. Anda dapat mengunjungi Pancuran Pitu dan Pincuran Telu )tiga) untuk menikmati air panas Baturaden. Suhu air di Pancuran Pitu ini berkisar antara 60 hingga 70 derajat Celcius. Mandi air panas di Baturaden diyakini mampu menyembuhkan penyakit melalui terapi air panas yang ada di sana.

Bagi para pecinta perkemahan, Baturaden juga memiliki lokasi camping yang cukup aman dan nyaman untuk menikmati udara malam. Lokasi untuk mendirikan tenda tersebut bernama Wana Wisata. Lokasi ini  merupakan hutan alam hijau yang sangat tepat untuk dijadikan tempat berkemah bersama keluarga atau para sahabat. Lokasi Wana Wisata ini berjarak sekitar 2 km dari pintu masuk Baturaden. Jarak ini tidaklah jauh jika ditempuh dengan berjalan kaki.

 

Bukan hanya itu, di lokasi ini juga ada sebuah kolam sumber air murni yang disebut dengan Telaga Sunyi. Bagi pecinta binatang ada lagi Taman Kaloka Widya Mandala. Taman ini adalah kebun binatang di Baturaden. Terdapat sebuah museum di sana yang berfungsi sebagai tempat menyimpan kerangka satwa khas Indonesia.

Di kawasan wisata Baturaden, Anda dapat menikmati pengalaman menonton yang unik. Pada sebuah teater yang merupakan pesawat terbang jenis Foxer 28 milik Garuda Indonesia Airways, Anda dapat menonton tayangan-tayangan film dengan sensasi seperti sedang naik pesawat terbang. Pesawat ini berdiri tepat di samping pintu masuk Baturaden.

Sejak Baturraden menjadi objek wisata terkemuka, arus wisatawan yang datang kesini semakin ramai, sehingga dapat pula dijadikan sebagai pundi-pundi bagi Pemkab Banyumas. Menurut petugas di Objek Wisata Batu Raden, wisatawan yang berkunjung di hari libur atau hari besar nasional mencapai 5.000  wisatawan setiap hari. Sementara di hari biasa hanya sekitar 700 s/d 800 wisatawan setiap hari.

Pemkab Banyumas mentargetkan pemasukan dari objek wisata Baturraden Rp.5,- Milyar, namun realisasinya melebihi dari Rp.7,- Milyar. Karcis tanda masuk masih sangat terjangkau hanya Rp.14.000,- perorang, baik untuk dewasa maupun anak-anak. Sedangkan untuk Teater Alam hanya Rp.10.000,- perorang.(***)

print

Leave a Reply