Alek Anak Nagari Pacu Jawi Dirindukan Wisatawan Lokal Dan Mancanegara

Alek Anak Nagari Pacu Jawi Dirindukan Wisatawan Lokal Dan Mancanegara

- in Headline, News, TANAH DATAR
0

TANAH DATAR, bakaba.net — Alek nagari pacu Jawi sudah lama dirindukan masyarakat, apalagi alek ini sempat terhenti akibat mewabahnya covid-19 yang juga meluluh lantakan sektor pariwisata.

Wali Nagari Labuah Edi Neldi Khatik Muncak Rajo, Sabtu (05/02/2022) di di sawah Siadaulu, Jorong Mandaliko Nagari Labuah Kecamatan Lima Kaum Tanah Datar saat pembukaan pacu Jawi tahun 2022.

“Alhamdullilah, dukungan bersama kegiatan ini bisa kembali digelar dengan tetap menerapkan Prokes covid-19,” katanya.

Ia juga mengungkapkan kebanggaan, karena Nagari Labuah menjadi lokasi pertama sekaligus sebagai tempat pembukaan even pacu jawi.

“Semoga kerja keras anak Nagari Labuah ini bisa berbuah manis dan bisa mengharumkan nama Nagari Labuah sampai ke tingkat internasional, apalagi 3 kali hari sabtu ke depan even pacu jawi ini akan tetap dilaksanakan di sawah ini,” tukas Edi Naldi.

Hadir dalam pembukaan ini, Camat Lima Kaum, Ketua KAN Lima Kaum, Wali Nagari Labuah, serta pengurus olahraga pacu Jawi, ninik mamak serta masyarakat Nagari Labuah.

Even pacu jawi itu sendiri menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke Tanah Datar dan menyaksikannya langsung karena memiliki keunikan tersendiri.

Keunikan pacu jawi terletak pada penilaiannya, dimana sapi yang bagus adalah yang mampu berlari lurus, bukan yang tercepat sehingga ajang ini jauh dari perjudian. (TIA)

print

Leave a Reply