Saidani Ingatkan Warga Taat Protokol Kesehatan

Saidani Ingatkan Warga Taat Protokol Kesehatan

- in Headline, News, PARLEMENTARIA, TANAH DATAR
15
0

TANAH DATAR, bakaba.net — Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Saidani mengingatkan, masyarakat agar tetap patuh dan taat terhadap protokol kesehatan.

Menurut Saidani, jka seluruh komponen masyarakat taat dan disiplin melakukan protokol kesehatan maka Tanah Datar dapat mengendalikan kasus COVID-19.

“Kalau seluruh kita bisa taat dan patuh kepada protokol kesehatan, daerah akan segera dapat mengendalikan COVID-19. Kita tidak tahu (pandemi COVID-19) ini sampai kapan, oleh karenanya kita harus mampu beradaptasi COVID-19-nya tetap ada, kita tetap selamat, kita tidak boleh terpapar COVID-19,” kata Saidani dalam  Musyawarah Nagari (Musnag ) Tabek Kecamatan Pariangan, memanfaatkan bangunan cagar budaya Balairung Sari, Selasa (06/07/2021).

Kata Saidani, tidak bisa hanya daerah yang melakukan penanganan COVID-19, tapi seluruh komponen masyarakat harus berperan serta.

Pemerintah dan tenaga medis terus bekerja maksimal di bidang kesehatan,  meski begitu masyarakat harus tetap
mematuhi protokol kesehatan karena hal itu tidak hanya melindungi diri sendiri tapi juga orang lain dari ancaman COVID-19.

Protokol kesehatan itu meliputi 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir.

Dalam  kondisi pandemi jangan sampai ada lagi warga yang tidak percaya terhadap Covid 19, jangan terbawa isu yang bersifat hoax dan mari kita berdoa semoga Virus Corona cepat berlalu.

Sementara Wali Nagari Tabek Kecamatan Pariangan Rispel M.Noerdin menegaskan, Pemerintah Nagari Tabek bekerja sama dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas memiliki komitmen yang tinggi terhadap penanganan Covid 19, baik dalam bentuk mengedukasi warga maupun dalam penyediaan sarana dan prasarana penunjang lainnya.

Rispel mengatakan, tahun 2020 Dana BLT (Bayar Lamgsung Tunai) sudah dibayarkan pada 128 KK warga Tabek yang terdampak Covid 19.

Sementara untuk tahun 2021 juga sudah disalurkan BLT terhadap 100 KK miskin pada bulan Januari 2021, dengan besaran Rp.300.000,- per KK.

“Kecuali itu, dalam penanganan Covid 19 ini sudah dilakukan pelatihan serta pembuatan Posko PPKM Mikro yang dibina langsung oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas Nagari Tabek Kecamatan Pariangan,” kata Rispel.

Terkait dengan permintaan Bupati Tanah Datar tentang pengadaan Rumah Isolasi Mandiri, Wali Nagari Rispel M. Noer menyebut sebagai sudah ada, memanfaatkan bangunan TK dan tidak jauh dari Posko PPKM Mikro.

Sementara Camat Pariangan Abdul Rahman Hadi dalam kesempatan tersebut mengatakan, Kasus positif Covid 19 di Nagari Tabek bergerak naik, karena sejak seminggu tarakhir positif 11 orang.

Untuk itu diminta masyarakat agar lebih ditingkatan lagi kewaspadaannya terhadap sebarannya, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Mari kita saling bahu membahu untuk menangani covid 19 ini, termasuk mengalokasikan Dana Desa 8 persen guna penanganan Covid 19,” pinta Camat Abdul Rahman Hadi.

Ia berharap peserta Musnag dapat merencanakan pembangunan kedepan dengan baik, srsuai dengan peruntukannya, karena banyak pembangunan yang sudah dialokasikan dananya tetapi tak bisa dilaksanakan.(fm)

print

Leave a Reply