Reses Di Batu Bulek, Fraksi PKS Tanah Datar Sosialisasi Penanggulangan Narkoba

Reses Di Batu Bulek, Fraksi PKS Tanah Datar Sosialisasi Penanggulangan Narkoba

- in Headline, News, TANAH DATAR
0

TANAH DATAR, bakaba.net — Fraksi PKS DPRD Tanah Datar Nurzal gelar Reses hari pertama di Nagari Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara, Jum’at (23/07/2021).

Resses yang menghadirkan narasumber Kadis Kesehatan Yesrita Zedrianis, dan dari Polsek Lintau Buo Utara dengan tema sosialisasi Penanggulangan Narkoba dan Kenakalan Remaja.

Dalam kesempetan itu terlihat hadir Ketua dan Sekretaris DPD PKS Tanah Datar, Adib Fadhil, SS dan Andri Azhari, M. Kom.

Peserta yang terdiri dari remaja, tokoh masarakat, Wali Nagari, KAN, BPRN, Kepala Sekolah, Bundo Kanduang, se-Batubulek. Semua antusias dalam menyimak arahan yang selanjutnya akan diteruskan kepada masyarakat yang lain di Nagari Batu Bulek dan sekitarnya.

Nurzal berharap, program reses yang beliau adakan bersama pihak-pihak terkait tersebut, muda mudahan bisa menjadi salah satu alternatif, dalam penanggulangan narkoba dan kenakalan remaja khususnya di Batu Bulek.

Pihak Kapolsek Lintau Buo Utara memberikan pengetahuan umum tentang jenis-jenis NAPZA yang perlu diketahui secara umum oleh masyarakat, agar ketika medapati anak-anak atau remaja membawa barang haram tersebut dapat segera di kenali.

Pihak kepolisian ini juga siap bekerjasama dengan semua stake holder untuk membatasi ruang gerak para pengedar narkoba yang tidak hanya mengancam remaja, bahkan anak-anak dibawah umur juga telah menjadi sasaran empuk.

Sementara Yesrita Kadis Kesehatan menekankan akan bahasa yang ditimbulkan oleh pengaruh buruk NAPZA, yaitu kerusakan permanen pada jaringan otak.

Orang-orang yang sudah kecanduan NAPZA akan cendrung berfikir tidak normal dan bahkan akan merugikan seluruh anggota keluarga dan masyarakat.

“Berarti bila kita tidak peduli kepada para pelaku penyalahgunaan NAPZA, kita tidak peduli dengan diri kita sendiri,” katanya

Yesrita juga menekankan peran penting agama dalam membentengi generasi menghadapi pengaruh negatif dari Narkoba.

PKS sebagai salah satu komponen masyarakat, sangat mendukung kegiatan sosialisasi yang dilakukan dalam rangka reses DPRD Kabupaten Tanah Datar ini.

Sementara Adib Fadhil, SS dalam pemaparannya mengingatkan peran penting keluarga untuk mendeteksi sejak awal kecendrungan anak-anak yang berprilaku aneh.

“Melaporkan anak-anak yang sudah berprilaku mengarah kepada pengyalahgunaan NAPZA bukanlah sebuah aib,” katanya.

Namun sebutnyq anak-anak kita itu akan mendapatkan rehabilitasi atau pembinaan.

Disamping itu peran masyarakat adat untuk membenteng perilaku negatif yang masuk ke nagari sangat diharapkan sekali. Bila hukum adat yang bertindak, maka penanganan akan lebih cepat dan efektif.

Beberapa tokoh yang berhasil di wawancarai menyambut baik kegiatan reses Ujang (sapaan akrab Pak Nurzal), karena jarang-jarang masyarakat diberikan edukasi lengkap seperti ini tentang bahaya penyalahgunaan NAPZA.

“Bila tidak di antisipasi dari awal, tentu masalah ini akan menimbulkan dampat yang besar dimasa yang akan datang,” katanya.

Membentengi diri dari pengaruh NAPZA adalah merupakan tanggung jawab kita semua, terima kasih kepad Dinas Kesehatan Tanah Datar, Polsek LBU, dan semua pihak semoga semua menjadi ibadah di sisi Allah swt, (fm)

print

Leave a Reply