Rektor IAIN Bukit Tinggi Lepas 1870 Mahasiswa KKN-DR Di 12 Provinsi Se-Indonesia

Rektor IAIN Bukit Tinggi Lepas 1870 Mahasiswa KKN-DR Di 12 Provinsi Se-Indonesia

- in BUKITTINGGI, Headline, News
418
0

BUKITTINGGI, bakaba.net –Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi merupakan salah satu kampus terdepan di daerah ini, sekligus menjadi kampus pilihan bagi anak bangsa dalam melanjutkan pendidikannya.

Pada tahun 2020 ini IAIN Bukittinggi memberangkatkan mahasiswanya untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) di 12 Provinsi yang ada di Indonesia.

Pelaknsanaan KKN pada tahun ini berbeda programnya dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pada tahun-tahun sebelumnya KKN dilakukan dengan program Pemberdayaan dan kolektif, namun tahun ini dilakukan dengan mandiri dengan program Kuliah Kerja Nyata Di Rumah (KKN-DR).

Dimana mahasiswa melaksanakan KKN dari rumah kampungnya sendiri, secara mandiri.

Program KKN-DR dilaksanakan sebagai dampak daripada pandemic Covid-19 yang melanda sebahagian dunia sehingga KKN seperti biasanya tidak dapat dilaksanakan, hanya dilakukan dengan program Dari Rumah tersebut.

Dimana mahasiswa menyusun berbagai kegiatan-kegiatan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas. Seperti melakukan penulisan-penulisan yang dapat mengedukadi dan memberikan pencerahan yang berguna untuk masyarakat.

Rektor IAIN Bukittinggi Dr. Ridha Ahida, M.Hum yang didampingi oleh Wakil Rektor 1 Dr. Asyrari, M.Si telah meresmikan pelaksanaan KKN-DR IAIN Bukittinggi Rabu/10 Juni 2019 yang lalu secara daring.

Kegiatan ini belangsung dari tanggal 10 Juni 2020-20 Juli 2020 dan diikuti sebanyak 1870 orang mahasiswa dari empat fakultas yang ada di IAIN Bukittinggi yaitu, Fakultas Syariah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam serta Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah.

KKN-DR menjadi salah satu bentuk daripada peran startegis kampus dan mahasuswa ikut serta dalam memutus rantai dan pencegahan terhadap penyebaran pandemik covid 19 ini, sebagaimana menjadi tema KKN-DR IAIN Bukittinggi tahun ini, berperan aktif untuk penanggulangan pandemik covid 19 tersebut.

Oleh sebab itu mahasiswa dituntut untuk merancang kegiatan-kegiatan akademik yang bisa berkontribusi untuk mengeduksi dan memberikan pencerahan kepada masyarakat secara luas.

Ketua Badan Pelaknsana (BP) KKN-DR IAIN Bukittingg DR. Silfia Hanani,M.Si yang didampingi oleh Sekretaris BP KKN-DR Tarfkir, S.Ag sangat berharap kepada semua lapisan masyarakat dan pemangku jabatan untuk memberikan kemudiahan-kemudahan kepada mahasiswa peserta KKN-DR dimana mereka melakukan kegiatan tersebut sekaligus mereka juga warga daripada masyarakat setempat.

Kegiatan yang dilakukan mahasiswa tidak berupa berkelompok tetapi aktif mengerjakan kegiatan akademik yang berimplikasi kepada pengembangan edukasi kepada msayarakat luas.

DR. Afrinaldi, MA selaku Ketua Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat IAIN Bukittinggi juga menjelaskan bahwa KKN-DR tidak sama konsep dan programnya dengan KKN-KKN yang biasana.

Untuk itu mahasiswa peserta KKN-DR harus menginformasikan dan mengkomunikasinya dengan baik kepada piha-pihak yang mempertanyakan masalah KKN-DR ini.

KKN-DR dilakukan tidak berkelompok dan tidak pula dilakukan dengan bebas bermasyarakat, tetap mengacu pada buku pendoman KKN-DR yang diberikan, kita tidak menginginkan mahasiswa peserta KKN mengalami permasalahan dalam berbagai hal terutama terkait dengan kesehatan, kata Afrinaldi.

Afrinaldi berpesan, lakukan KKN-DR itu dengan semaksimalnya, jadikan kegiatan yang sebaik-baikny supaya dapat berguna oleh masyarakat luas.

Jadilah peserta KKN-DR yang menginspiratif dan berdaya guna ditengah-tengah masyarakat, sekalipun kita semua berada dalam ruang gerak sosial yang terbatas. Jaga kesehatan dan tetap patuh pada aturan pencegahan yang berlaku.(***)

print

Leave a Reply