Peringati Hari Pemasyarakatan Ke- 57, Rupajang Gelar Porseni

Peringati Hari Pemasyarakatan Ke- 57, Rupajang Gelar Porseni

- in Headline, News, PADANG PANJANG
0

PADANG PANJANG, bakaba.net –Pembukaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) yang digelar Rupajang (Rumah Tahanan Kelas II B Padang Panjang) berlansung meriah.

Salah satu sudut di komplek Rupajang itu disulap menjadi lapangan upacara yang dilengkapi pentas upacara.

Pentas yang berlatar belakang spanduk itu juga dihiasi dengan berbagai tanaman hidup sehingga menampilkan kesan asri dan sejuk.

Bahkan Kepala Rupajang Rudi Kristiawan lansung turun tangan untuk menata dan menyiapkan lapangan pembukaan Porseni untuk WBP tersebut.

Porseni itu sendiri untuk memeriahkan dan memperingati Hari Pemasyarakatan Ke – 57 tahun 2021. Berbagai perlombaan dan pertandingan yang dikemas dalam kegiatan itu.

Pembukaan Porseni diawali dengan upacara, para warga binaan berbaris rapi dengan mengunakan koas berwarna gelap dengan bis merah putih dipadukan celana hitam.

Uniknya perlombaan dibuka dengan prosesi upacara yang juga diikuti jajaran Rupajang dan warga binaan ini dibuat seperti gelaran PON.

Prosesi pembukaan yang melibatkan jajaran Rupajang baru pertama kali dilaksanakan.

Dimulainya kegiatan Porseni ditandai dengan pelepasan balon oleh Kepala Rutan Kelas II B Padang Panjang Rudi Kristiawan.

Rudi Kristiawan menyampaikan, selain memperingati hari pemasyarakatan, Porseni tingkat Rupajang Tahun 2021 ini bertujuan untuk memperat silaturahmi sesama warga binaan dan meningkatkan pemahaman tentang pembinaan yang mereka terima.

” Kegiatan ini kami inisiasi agar warga binaan dan jajaran pemasyarakatan Rupajang lebih memahami arti pemasyarakatan secara umum,” ujar Rudi Kristiawan disela-sela kegiatan Porseni kepada di komplek Rupajang, Senin(5/4).

Pria lulusan AKIP tahun 2010 ini menuturkan, peringatan hari Lembaga Pemasyarakat bertujuan mengenang bagaimana perubahan dan mindset pembinaan yang dilakukan terhadap warga binaan, jika dulu mereka dibuat “kapok” di penjara, sekarang tidak di Rutan mereka dibina kearah yang lebih baik dengan kegiatan yang bermanfaat.

Rudi Kristiawan mengapresiasi jajaranya yang telah berupaya mendukung kegiatan lomba peringatan hari pemasyarakat secara kompak bersama-sama, sehingga gelaran Porseni tingkat Rupajang dapat digelar dengan lancar dan sukses nantinya seperti yang diharapkan.

Rudi Kristiawan mengungkapkan, dari kegiatan ini diharapkan warga binaan maupun petugas Rutan dapat kompak dalam mendukung dan melaksanakan kegiatan-kegiatan atau program yang dilaksanakan.

“Harapan dari kegiatan ini warga binaan tidak jenuh menjalani masa tahanan dan petugas semangat melaksanakan pembinaan, warga binaan dan petugas sehat,” ungkapnya.

Ka rutan mengatakan, pemasyarakatan ini akan maju ketika warga binaan dapat mengikuti dan menjalani penahanan dengan baik tanpa melakukan masalah, sesuai dengan tekad Rupajang menuju WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani)

Kepada warga binaan Rudi Kristiawan mengingatkan agar mengikuti lomba dengan baik, jaga aturan-aturan yang telah ditetapkan, ” Dan yang lebih penting jangan sampai ada kericuhan, jadikan lomba sebagai sebuah kesenangan dalam artian yang positif,” ujarnya.

Ada 8 pertandingan yang dilombakan diantaranya lomba tarik tambang, tenis meja, badminton, MTQ dan kultum. Bagi pemenang lomba akan diberi hadiah yang diserahkan pada hari puncak peringatan hari Pemasyarakatan pada tanggal 27 April 2021 mendatang.

“Dalam lomba ini setiap pemenang akan mendapatkan hadiah. Tetapi sejujurnya, bukan hadiahlah yang menjadi target utama, yakni bagaimana warga binaan dapat menjalin hubungan baik dari setiap perlombaan dan menunjukan jiwa sportivitas,” lanjutnya. (TIA)

print

Leave a Reply