Peluang Bisnis Diera Digital

Peluang Bisnis Diera Digital

- in Headline, News, PAYAKUMBUH
79
0

PAYAKUMBUH, bakaba.net — Era Digital membuka peluang bisnis, bahkan perkembangan bisnis di bidang digital atau yang berbasis teknologi itu saat ini sangat banyak berkembang di Indonesia.

Banyak masyarakar yang memanfaatkan teknologi dalam berbinis bahkan hal itu, paling menguntungkan mengingat perkembangannya juga cukup pesat.

Namun, untuk melakoni bisnis di era digital, banyak tantangan yang harus dihadapi agar bisa berjalan dengan lancar.

Aakan tetapi jika bijak menyikapi dan bisa mempergunakannya dengan benar, era digital dapat memberikan peluang yang lebih terutama dalam bisnis online, apalagi Indonesia yang sangat kaya budaya dan pariwisata terutama destinasi dan kuliner, akan menggiring orang untuk bisa berbisnis online dengan modal sangat minim sekalipun.

Menyikapi hal itu, Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia telah meluncurkan 4 (empat) modul literasi digital, yaitu; (1) Budaya Bermedia Digital; (2) Aman Bermedia Digital; (3) Etis Bermedia Digital; dan (4) Cakap Bermedia Digital yang dilaksanakan di 34 provinsi, 514 kabupaten/kota sampai akhir tahun ini.

Kegiatan yang dihelat oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia ini bekerjasama dengan PT PCI ini akan dilaksanakan secara berkesinambungan akan dilakukan di tahun-tahun berikutnya sampai akhir masa kerja kabinet sekarang .

Jumat (2/7) kegiatan Gerakan Nasional Literasi Digital untuk Kota Payakumbuh kembali digelar melalui webinar virtual menggunakan  aplikasi zoom, untuk yang keduakalinya dan berlangsung dari pukul 14.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Kegiatan ini diikuti oleh 162 peserta yang terdatar, mereka berasal dari pelajar, guru, ASN dan mahasiswa yang tidak hanya berasal dari Kota Padang, tetapi Sumatera Barat, serta dari sejumlah daerah di Indonesia.

Webinar yang mengambil tema “Peluang dan Tantangan Bisnis Online di Era Digital” ini menghadirkan pembicara Medhanita Dewi Renanti, S.Kom., M.Kom– Dosen Vokasi IPB dan Owner galerimadsaz (Digital Ethics) (Digital Skill), Fadli Afriadi SP, MM– Pembelajar, Trainer ,Konsultan, dan Entrepreneur (Digital Safety) , Prof. Dr. Ratni Prima Lita, SE., MM.-  Guru Besar/ Profesor Manajemen Pemasaran Universitas Andalas  (Digital Skill), dan Prof. Dr. Ardipal, M.Pd– Guru Besar Pendidikan Musik/ Dosen Musik Jurusan Sendratasik Universitas Negeri Padang  (Digital Culture)

Moderator dalam iven kali ini adalah  Avicenna, selain itu juga ada Key Opinion Leader  Amaratih – Jurnalis, Presenter” Apa Kabar Indonesia Pagi” TV  ONE, MC/Moderator.

Salahseorang peserta, Mas’ud Abid mengatakan kegiatan webinar ini sangat manfaat sekali bagi dirinya  dan dari sekian banyak kelemahan tentang keamanan akun pribadi atau pun akun bisnis.

“Alhamdulillah tips-tips yang diberikan sangat berguna bagi kami,” kata dia.

Peserta lain, Robby Zulpandi bertanya kepada narasumber Ratni Prima Lita, menurutnya, saat ini UMKM mengalami aneka macam pertarungan misalnya penurunan penjualan, permodalan, distribusi terhambat, kesulitan bahan baku, produksi menurun dan PHK buruh, hal ini sebagai ancaman bagi perekonomian nasional.

“Apakah masa pandemi ini adalah waktu yang tepat untuk umkm berkembang? strategi apa yang bisa dilakukan dalam UMKM dari konvensial ke digital,” tanya dia.

Windi Istiqomah bertanya kepada narasumber Medhanita Dewi, bagiama halnya jika sudah menjawab chat konsumen secara fast respon, namun persentase performa chat justru menurun.

“Bagaimana mengatasi hal tersebut? Karena hal itu memengaruhi pertimbangan pembeli lain,” ujarnya.

Sementara itu, peserta Salmi Supriatin bertanya kepada Prof. Dr. Ardipal , M. Pd., tentang bagaimana melindungi generasi milenial dari pengaruh buruk dari informasi yang negatif sehingga terpengaruh secara sikap dan perilakunya melanggar nilai dan etika yang dianut bangsa Indonesia yang religius.

Kegiatan webinar selanjutnya akan dihelat oleh Kota Padang pada tanggal (5/7) pada pukul 14.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB., dan dilanjutkan pada (6/7) oleh Kabupaten Pesisir Selatan dan akan pukul 14.00 WIB-17.00 WIB

Setiap peserta yang mendaftar dan mengikuti webinar ini akan mendapatkan fasilitas berupa E- sertifikat dari Kominfo dan Voucher E-Money (***).

print

Leave a Reply